by

Brigjen Pol. Ricky F. Wakanno Polisi Sosok Peduli Sosial Selalu Nyaman di Masyarakat

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Sosok Polisi Profesional Modern Terpercaya (Promoter) hadir rasa aman di masyarakat pastikan mulai dari rumah mari ciptakan rasa aman mulai dari kunci pintu jendela dan tak perlu saling berharap, Ujar Brigjen Ricky F Wakanno dalam wawancaranya akhir Desember 2020 lalu.

 

Menurutnya Polisi hadir menciptakan tertip masyarakat memelihara melindungi dan pengayoman masyarakat Kamtibmas polisi hadir agar rasa aman terjadi.

 

Semenjak Kapolsek berpangkat letnan waktu lulus Akpol di Papua sudah belajar budaya di mana langit di pijak di situ langit di junjung. Selalu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar Wamena, Papua, Pakpak selama 9 tahun.

 

Setelah itu sekolah lulus PTIK bersama Kapolda Metro Jaya Fadil Imran di tempatkan di Polda Metro Jaya, belajar ilmu sosial dan hukum dan menyesuaikan kehidupan berbagai tempat.

 

Semenjak di Polda Metro Jaya sudah biasa tangani demo di Ja karta termasuk demo FPI, 212, dan Demo Buruh di Jakarta. Sejak Pendekatan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan Aktivis dia lakukan pendekatan.Tugas Kepolisian selalu di emban di terima baik di masyarakat.

Semenjak Kapolres (2006 sd 2007) di Tanah Karo Telah terapkan “Ras Kita Persikap Kuta Kemulihenta” bersama Kepala Daerah waktu menjabat di Kabupaten Karo hingga kini dekat dengan warga karo.

 

Hansen Sinulingga Tokoh masyarakat Karo yang Juga warga Berastagi yang kini tinggal di Jakarta, mengatakan bahwa sosok Brigjen Ricky Wakanno sosok yang peduli pada masyarakat. Seperti kabupaten karo telah berkali membantu masyarakat pengungsi gunung sinabung dan buat kegiatan sosial membawa bantuan baik dari Polri dan Donatur di Jakarta.

 

Menurutnya Sosok peduli pada masyarakat tidak di ragukan lagi tanya saja pada masyarakat karo pasti melekat di hati mereka sahutnya .

 

Tak heran, karena kedekatannya dengan masyarakat Karo khususnya warga yang ada di sekitar pegunungan Sinabung, membuat Alumni Akpol 1987 ini mendapat gelar kehormatan marga Ginting.

 

Saat menjabat sebagai Kapolres Karo tahun 2006-2007 dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) perwira Polri ini benar-benar merakyat.

 

Masyarakat Karo menganggap tidak hanya sebagai bapak Kapolres, Namun sebagai pengayom, pembimbing dan motivator bagi masyarakat Karo.

 

Atas kepedulian Ricky, Yayasan Terang Kemuliaan Indonesia (YTKI) memasukkan Ricky salah satu tokoh Karo Inspiratif. Launcing buku “100 Karo Inspiratif” digelar Sabtu 28 November 2020 di Hotel Sibayak Berastagi, Kabupaten Karo, Sumut.

 

Buku “100 Karo Inspiratif” mengadopsi 100 tokoh Karo dengan berlatar belakang berbeda. (Buku) ini menjadi referensi masyarakat Karo, merekam jejak para tokoh. Buku ini bertujuan menghimpun dan memperkenalkan tokoh-tokoh Karo yang tersebar di seluruh Nusantara. ( F4T1 L )

Comment