by

BPJS Optimalkan Program JKN di Pesisir Barat

Krui, MimbarBangsa.co.id — Untuk mengoptimalkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Pesisir Barat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) setempat melakukan rapat forum komunikasi bersama pemangku kepentingan di kantor bupati Pesisir Barat, Jumat, 12 Maret 2021.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pesisir Barat N Lingga Kusuma mendukung sosialisasi dan advokasi dari BPJS demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.


“BPJS kesehatan sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan berwenang untuk melaksanakan komunikasi dan kemitraan dengan pemangku kepentingan lintas sektoral , organisasi atau lembaga terkait lainnya dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan program JKN,” kata dia.

Ia meminta seluruh dinas berkontribusi aktif dalam menyukseskan Program JKN. Selain itu, bersinergi dalam menyelesaikan dan memecahkan permasalahan serta merumuskan rencana strategis terkait pelaksanaan program JKN . Lingga menyebut keberlanjutan kepesertaan program JKN di Pesisir Barat meliputi dukungan pembayaran iuran JKN tepat waktu dan pembayaran tunggakan bagi peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) yang didaftarkan oleh pemda pada Januari hingga Maret selambatnya pada 31 Maret 2021.

Kemudian, dukungan percepatan registrasi perangkat desa dan pembayaran iuran perangkat desa selambatnya pada April 2021. Selanjutnya, dukungan perbaikan data NIK tidak valid bagi PBPU JKN yang telah disampaikan melalui surat resmi ke Pemkab. Selain itu, dukungan penyampaian data tunjangan sertifikat guru, tunjangan kinerja pegawai, dan penyedia anggaran di APBD 2021 untuk pembayaran kekurangan atas tunjangan sertifikasi dan tunjangan kinerja PNS sesuai Perpres 64 tahun 2020.

Comment