by

Boneka Arwah “Spirit Doll” Trend di Indonesia, Diyakini Membawa Rejeki

Jakarta, MimbarBangsa.co.id  — Spirit Doll atau boneka arwah kini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Bukan tanpa sebab, pasalnya beberapa selebritas tanah air kerap memamerkan koleksi spirit doll yang mereka miliki, sebagai salah satu bentuk gaya hidup terkini. Fenomena spirit doll sendiri awalnya berasal dari Thailand. Boneka ini dipercaya berisi roh pembawa keberuntungan, sehingga diperlakukan layaknya manusia, diberi makanan, hingga dirayakan ulang tahunnya.

Di Thailand, spirit doll sebenarnya berbeda dengan boneka arwah atau yang mereka sebut dengan Luk Thep. Roh yang masuk ke dalam spirit doll diyakini berbentuk arwah peri, sedangkan Luk Thep biasanya berisi arwah orang yang sudah meninggal.

Harga Fantastis

Ada kolektor boneka arwah bernama Furi Harun yang menjual koleksinya di media sosial. Dia memiliki banyak boneka arwah dari berbagai negara di dunia. Penelusuran lebih jauh di market place, seperti Bukalapak misalnya, juga bertebaran akun-akun yang menjual boneka arwah. Hanya saja boneka arwah dijual dengan cara adopsi.

Penjual bahkan secara detail menjelaskan tentang siapa arwah yang ada dalam boneka tersebut. Penjual bahkan tidak ragu menuliskan di deskripsi bahwa boneka arwah yang dijualnya mampu mendatangkan rezeki dan pengaruh baik. Yang menarik, boneka-boneka tersebut dijual dengan harga yang fantastis, mulai dari tiga jutaan bahkan ada yang mencapai ratusan juta.

Jadi Perbincangan Hangat di Medsos

Fenomena kepemilikan boneka arwah di kalangan selebritas menjadi perbincangan hangat warganet Indonesia. Tak jarang mereka melontarkan komentar nyinyir terkait tren nyeleneh tersebut. Pasalnya, boneka-boneka tersebut diperlakukan layaknya manusia sungguhan, diberi segala macam aksesori, diberi makan, bahkan dirayakan ulang tahunnya. Salah satu selebritas yang kerap pamer spirit doll adalah Ivan Gunawan.

Keyword “Spirit Doll” masuk 20 besar trending topic di Twitter dengan sekitar 47,6 ribu twit.

Di tengah pro dan kontra fenomena ini, beberapa warganet juga menanggapinya dengan guyonan. Mereka membandingkan spirit doll dengan tentang Si Unyil, Genshin Impact, boneka Poppy, jenglot, hingga karakter dari anime Naruto.

Comment