by

Biro SDM Polda Banten Rekrutmen Proaktif Penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2022

Serang, MimbarBangsa.co.id — Pelaksanaan pemeriksaan administrasi awal rekrutmen proaktif penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran (T.A.) 2022 oleh panitia penerimaan dari Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Banten digelar di Aula Bidhumas Polda Banten pada Sabtu (20/11/2021) pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Pelaksanaan diselenggarakan oleh Biro SDM Polda Banten dihadiri ketua tim pemeriksan Administrasi AKBP Rahman Arif, Sekretaris AKBP Baktiar Joko Mujiono, Tim Ahli dari Dinas Pendidikan Prov. Banten, Tim Ahli dari Bagian Kependudukan Prov. Banten, Tim Ahli Koni Prov. Banten, Pengawas Internal dari Itwasda, Bidpropam dan Eksternal dari LSM Pemuda Pancasila dan anggota tim lainnya.

Kepala Biro (Karo) SDM KBP Arif Fajarudin menjelaskan perihal pemeriksaan administrasi awal rekrutmen proaktif penerimaan Bintara Polri. “Pada hari ini panitia rekrutmen Polri melaksanakan pemeriksaan awal administrasi calon Bintara Polri, namun sebelum kegiatan dimulai diawali dengan pelaksanaan Prokes yang ketat seperti pengecekan suhu tubuh, pemberian handsanitizer dan mencuci tangan dengan sabun, hal ini harus dilakukan karena kita masih dalam situasi Pandemi Covid-19,” ujar Arif.

Arif menjelaskan tentang item apa saja yang akan diperiksa oleh panitia. “Panitia akan melakukan pemeriksaan pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan keaslian dokumen pendidikan, pemeriksaan dokumen kependudukan dan kelengkapan berkas serta pengumuman,” tambahnya.

Arif juga mengatakan peserta penerimaan sebanyak 49 orang yang terdiri dari 33 Pria dan 16 Wanita. “Kami mengkategorikan penerimaan kali ini bersumber dari affirmative action atau berdasarkan kelompok atau golongan suku tertentu di masyarakat sebanyak 13 orang yaitu 10 pria dan 3 Wanita, 13 orang ini adalah Suku Baduy 4 orang, Pria 3 orang dan Wanita 1 orang, dari Pulau Tunda 3 orang yakni 2 pria dan 1 wanita, dari Pulau Sangiang 1 orang pria dan dari Pulau Panjang 5 orang yaitu 4 pria serta 1 wanita,” kata Arif.

“Selain itu sumber dari Talent Scouting 35 orang yaitu 23 pria dan 12 wanita, Non Akademik 33 orang yakni Pria 22 orang dan Wanita 11 orang dan dari Akademik 2 orang yaitu 1 Pria dan 1 Wanita serta penghargaan orang tua sebanyak 1 orang wanita,” ucap Arif.

Selanjutnya Arif menjelaskan dari 49 calon tersebut hadir 47 orang, kurang 2 orang dikarenakan sakit dan ijazah sekolah dasarnya hilang. Kemudian hasil dari tes pemeriksaan administrasi awal tersebut 42 orang memenuhi syarat (MS) yaitu Pria 30 dan 12 wanita dan 7 orang tidak memenuhi syarat (TMS).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga menambahkan pelaksanaan tes hari ini berjalan dengan lancar. “Pelaksanaan tes penerimaan berjalan dengan lancar serta dilaksanakan dengan (BETA) Bersih, Transparan Akuntabel dan Humanis,” tutup Shinto.

(D H14)

Comment

Related Post