by

Bidang Pendidikan Salah Satu Prioritas Pemerintah Daerah Nias Selatan

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias Selatan, gelar Rapat Paripurna penyampaian Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran  Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022. Jumat, 27/08/2021.

Rapat Paripurna yang digelar pada hari ini turut dihadiri oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha: Wakil Bupati Niias Selatan, Firman Giawa: Forkopimda: Sekretaris Daerah beserta pejabat utama dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Bupati Nisel Hilarius Duha dalam nota pengantarnya menjelaskan tujuan disusunnya KUA dan PPAS APBD TA. 2022.

“Kebijakan umum anggaran memuat kondisi ekonomi makro daerah, asumsi penyusunan APBD, kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah, kebijakan pembiayaan daerah dan strategi pencapaian,” ujar Bupati Nias Selatan tersebut.

Bupati Nisel Hilarius Duha mengatakan bahwa tujuan disusunnya KUA dan PPAS APBD TA. 2022, adalah sebagai pedoman dalam menyusun rancangan peraturan daerah tentang APBD T.A 2022 berupa target dan kinerja program dan kegiatan.

Menurutnya untuk mencapai target indikator ekonomi makro di Kabupaten Nisel, ada 3 (tiga) kebijakan yang diambil, yakni kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah dan kebijakan pembiayaan.

Alokasi anggaran terhadap pelaksanaan urusan Pemda dalam Rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Nisel T.A 2022 adalah sebagai berikut:

1. Urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar mencapai 21,68 persen dari total belanja daerah

2. Urusan wajib non pelayanan dasar mencapai 1,51 persen dari total belanja daerah

3. Urusan pilihan mencapai 0,24 persen dari total belanja daerah

4. Unsur pendukung mencapai 7,09 persen dari total belanja daerah

5. Unsur penunjang mencapai 67,73 persen dari total belanja daerah

6. Unsur pengawasan mencapai 0,38 persen dari total belanja daerah

7. Unsur kewilayahan mencapai 1,17 persen dari total belanja daerah

8. Unsur pemerintahan umum mencapai 0,19 persen dari total belanja daerah.

Pemkab Nias Selatan memiliki prioritas pembangunan yang selaras dengan prioritas nasional dan provinsi dengan mempedomani agenda pembangunan dan prioritas Jangka Menengah Daerah dengan visi pembangunan 5 (lima) tahun ke depan yaitu; prioritas bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur, bidang pariwisata, bidang perikanan dan kelautan dan prioritas bidang pertanian dan perkebunan.

Rapat paripurna yang berlangsung di Aula DPRD Nisel, Jalan Saonigeho KM. 3,5, tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa dan didampingi wakilnya serta dihadiri anggota dewan dari berbagai fraksi.

Comment

Related Post