by

Besok Jakarta Alami Hari Tanpa Bayangan, Ini Jadwal Seluruh RI

-Sains-40 views

Jakarta, Mimbar BangsaLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) merangkum hari tanpa bayangan periode Februari-April 2021. Fenomena alam tersebut terjadi di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Andi Pangerang menjelaskan Indonesia terbentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan membelah garis khatulistiwa.


Baca juga :  Rawa Terate Rutin Banjir, Anies Bakal Cek Pabrik Sekitar

Dengan lokasi geografis seperti itu, Andi mengatakan, Matahari akan berada di atas wilayah Indonesia saat siang hari pada pekan keempat di bulan Februari sampai pekan pertama April.

“Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari,” tutur Andi dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga :  Presiden Minta Kementerian Kesehatan Buat Desain Perencanaan ‘Testing’ Komprehensif

Andi mengungkapkan bahwa hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam setahun di setiap kota-kota yang terletak di Garis Balik Utara (Tropic of Cancer; 23,4 derajat Lintang Utara) dan Garis Balik Selatan (Tropic of Cancer; 23,4 derajat Lintang Selatan).

Sementara, untuk kota-kota yang terletak di Garis Balik dan Garis Balik Selatan akan mengalami hari tanpa bayangan sekali setahun, yakni ketika Solstis Juni (21/22 Juni) maupun Solstis Desember (21/22 Desember).

Baca juga :  Siang Ini dan Besok, Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Bali

“Di luar wilayah tersebut, Matahari tidak akan berada di atas kepala kita (zenit) ketika tengah hari sepanjang tahun,” sebut Andi.




Comment