by

Berikut Sejumlah Alasan Timor Leste Ingin Bergabung Kembali Bersama Indonesia


Timor Leste, Mibmar Bangsa — Timor Leste resmi berpisah dari Indonesia melalui referendum yang dimotori Australia dan Portugal, tepat tanggal 30 Agustus 1999.

Timor Leste baru mendapatkan pengakuan dunia 3 tahun kemudian setelah menjadi negara merdeka dan terlepas dari Indonesia,


Sudah 21 tahun sudah Timor Leste berdiri sendiri sebagai negara merdeka. Tidak makmur, Timor Leste malah terpuruk menjadi negara paling miskin di dunia.

Ironinya, sekarang malah banyak warga negara Timor Leste memilih untuk kembali bergabung dengan Indonesia bila diberi kesempatan kedua.

Hal ini tentu saja menggemparkan banyak pihak, lantaran getolnya warga Timor Leste pada akhir abad ke-20 lalu yang ingin kemerdekaannya sendiri.

Tapi, ternyata fakta yang diungkap oleh bank dunia menjadi bukti kuat alasan banyak warga Timor Leste ingin kembali ke pengkuan Ibu Pertiwi.

Tak cuma itu, perekonomian Timor Leste saat ini hanya bergantung pada pengeluaran pemerintah.

Sedang dana masuknya hanya diperoleh dari uang perminyakan saja.

Dengan kata lain, seperti apa yang diungkap dari laporan resmi Bank Dunia tahun 2020 menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Timor Leste paling lambat dibanding dengan negara Asia Tenggara lainnya. (JurnalSumsel,Red)

 


Penulis / Publisher: adminMBC

Gravatar Image
Pusat Berita Online Terpercaya

Comment