by

BENARKAH YESUS DILANTIK MENJADI TUHAN PADA TAHUN 325?

-Agama-308 views

Mimbar Bangsa Barang siapa yang memberi pernyataan bahwa Yesus dilantik pada tahun 325, yaitu pada masa Constantine Nicea adalah orang yang paling bodoh sedunia.

Mengapa disebut paling bodoh?

Alkitab Kristen memberi bukti yang jelas bahwa Yesus adalah Tuhan, Allah dan juruselamat dunia, jauh sebelum lahirnya orang yang membantah ketuhanan Yesus Kristus para nabi telah menyatakan ketuhanan Yesus.

Alasan logis dan Theologis secara singkat.

1. Pernyataan dan bukti Yesus sebagai Tuhan dan Allah telah disampaikan oleh para Nabi sebelum ada oknum yang menentang ketuhanan Yesus.

Seluruh Alkitab dari kitab kejadian sampai kitab wahyu memberi bukti ketuhan Yesus sebagai Tuhan, Allah dan juruselamat dunia.

2. Pada tahun 325. Munculnya gerakan besar-besaran yang menolak ketuhanan Yesus yang dicetuskan oleh Arianisme dan pengikutnya menolak ketuhanan Yesus. Hal ini dibantah oleh seorang Theolog hebat pada masanya, yaitu Athanasius dan pengikut Arianisme tidak berani berdebat secara terbuka karena bantahan yang disampaikan oleh Athanasius tidak terbantahkan tentang ketuhanan Yesus Kristus.

3. Pada tahun 325. Ajaran Arianisme disebut bidat dan sekelompok orang kristen meresmikan doktrin Trinitas bukan berarti semua orang kristen baru memutuskan doktrin Trinitas pada tahun 325 Masehi, melainkan doktrin Trinitas disimpulkan oleh firman Allah itu sendiri.

4. Iman orang Kristen memahami ketuhanan Yesus Kristus, tidak hanya satu kitab saja yang menyatakannya melainkan 66 Kitab yang memberi bukti ketuhanan Yesus Kristus. Alkitab terkadang menyatakan ketuhanan Yesus Kristus yang bersifat eksplisit dan implisit.

Bukti ketuhanan Yesus Kristus. Tentu, tidak semua ayat saya sampaikan dalam pembahasan singkati ini melainkan beberapa ayat saja yang mewakili bukti ketuhanan Yesus. Dipengadilan dua orang yang menjadi saksi sah dihadapan hukum.

1. Nabi Yesaya menubuatkan ketuhanan Yesus yang akhirnya Rasul Matius mengukuhkan/mengesahkan nubuatan Yesaya di dalam Mat.
3:3. Yohanes berseru persiapkan jalan untuk TUHAN. Hal ini mengacu kepada Tuhan Yesus Kristus. Baca. Yes. 40:3. Yesus adalah Tuhan dan Allah.

2. Yesaya 9:5. Menubuatkan kelahiran Yesus, yaitu 700 tahun sebelum Yesus lahir nabi Yesaya telah menyampaikan bahwa Yesus adalah Tuhan dan Allah mahakuasa dan perkasa.

3. Yesaya 7:14 Yesus disebut Imanuel artinya Allah bserta kita. Yesus adalah Allah.

4. Lukas memberi kesaksian bahwa Yesus adalah juruselamat dan Tuhan. Luk. 2:11. Arianisme dan oknum yang menolak Ketuhanan Yesus kristus, belum lahir dimuka bumi pada saat Lukas menuliskan pernyataan ketuhanan Yesus. Anda Percaya kepada orang yang baru lahir kemarin?

5. Yesus Kristus menyebut diriNya sebagai Guru dan Tuhan dan kata Tuhan disini tidak dapat diartikan sebagai Tuan seperti pernyataan para pengkhianat karena berdasarkan konteks pernyataan murid-murid Yesus itu sendiri. Baca. Yoh 13:13-14.

6. Yesus adalah Allah yang benar, Dia bukan mengangkat diriNya sebagai Tuhan melainkan murid-muridNya yang terkasih, yaitu yang bertemu langsung, makan bersama, jalan bersama dengan Yesus dan tidur bersama dengan Yesus memberi kesaksian bahwa Yesus adalah Allah yang benar. 1 Yoh 5:20

Apakah yang membantah ketuhanan Yesus telah bertemu langsung dengan Yesus? Penolak ketuhanan Yesus adalah pembohong besar dan pengikut Arianisme yang sesat.

6. Thomas adalah yang hidup bersama Yesus memanggil Yesus sebagai Tuhan dan AllahNya dan Yesus tidak membantah atau menolak panggilan Thomas kepadaNya sebagai Tuhan dan Allah. Mengapa? Karena pernyataan Thomas benar adanya. Tuhan Yesus menjawabnya bahwa iman Thomas adalah sebuah kepercayaan dan kebenaran sejati. Yoh. 20:28-29.

Saya beriman dan mempercayaiNya dengan tepat dan benar. Yesus adalah Tuhan, Allah dan Juruselamat. Maukah engkau ikut bersamaku dan percaya kepadaNya dan percaya juga kesaksian para nabi dan para Rasul. Anda akan diselamatkan dari hukuman kekal, jika Anda percaya kepadaNya. Ikuti terus ulasan saya berikutnya. Tuhan Yesus memberkati Anda sekalian. Maranatha.

Surabaya, 4 Februari 2020

Aris Lase. Hp/WA. 0852 1099 0280


Comment

Related Post