by

Bappeda Beserta Pimpinan OPD Lingkup Nias Barat Gelar Rapat Finalisasi Penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026

Nias Barat, MimbarBangsa.co.id– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nias Barat gelar rapat finalisasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, yang dihadiri oleh seluruh pimpinan OPD diruang Affo Bappeda, (Kamis, 23/09/2021).

Ketua Tim Penyusun RPJMD Sonifati Zebua, MM., mengatakan bahwa rapat finalisasi penyusunan RPJMD memiliki nilai yang strategis untuk klarifikasi dan konfirmasi data program, indikator, dan target capaian untuk membangun pemahaman bersama terhadap muatan materi RPJMD.

Tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026 telah sampai pada tahap penyusunan rancangan akhir.

“Dokumen rancangan akhir RPJMD telah melewati tahapan penyusunan rancangan teknokratik RPJMD, konsultasi publik rancangan awal RPJMD, kesepakatan bersama rancangan awal RPJMD dengan DPRD Kabupaten Nias Barat serta konsultasi awal RPJMD oleh Bappeda Provinsi Sumatera Utara dan terakhir pada tanggal 31 Agusutus 2021 telah melaksanakan musrenbang rancangan RPJMD,” kata Soni Zebua.

Kepala Bappeda Nias Barat dalam paparannya menekankan agar perangkat Daerah memastikan keselarasan tujuan dan sasaran RPJMD dengan Renstra Perangkat Daerah, dimana sasaran RPJMD merupakan tujuan Renstra Perangkat Daerah. Selain itu, indikasi pendanaan masing-masing perangkat Daerah agar disesuaikan dengan proyeksi kemampuan keuangan Daerah Tahun 2021-2026.

Sekretaris Daerah Nias Barat, Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si dalam arahannya mengharapkan dan mengingatkan beberapa hal kepada Tim penyusun RPJMD dan kepada Pimpinan OPD, antara lain:

1. Pastikan indikator yang termuat dalam rancangan akhir RPJMD dapat diukur, dicapai dan dapat di.
2. Pastikan seluruh program unggulan kepala daerah dan wakil kepala daerah termuat dalam dokumen Rancangan Akhir RPJMD.
3. Masing-masing Perangkat Daerah Pedomani Rancangan Akhir RPJMD dalam penyusunan renstra perangkat daerah dan segera laksanakan forum perangkat daerah.
4. Dalam Penyusunan Rencana Kerja (Renja) kedepan selain mempedomani Renstra perangkat daerah, wajib menyusun Dan Menyampaikan Kerangka Acuan Kerja (KAK) sebagai bahan dan acuan bagi tapd untuk melakukan penilaian terhadap usulan kegiatan yang diajukan oleh masing-masing perangkat daerah.

Rapat Finalisasi Penyusunan RPJMD berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara rancangan akhir RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026. (ARL)

Comment

Related Post