by

AS Keluarkan Peringatan Level 3 ke Indonesia, Berikut Tindakan Satgas Covid-19


JAKARTA, MIMBAR BANGSA — Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengeluarkan peringatan level 3 bagi yang berarti warga negaranya diminta untuk menghindari berkunjung ke Tanah Air, kecuali ada kepentingan yang mendesak lantaran risiko penularan Covid-19 tergolong tinggi di Indonesia.

Peringatan itu ditanggapi langsung oleh pemerintah melalui Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Pemerintah menegaskan bahwa tidak ada negara di dunia yang bebas dari pandemi Covid-19.

Sehingga, seluruh dunia akan terus berusaha melindungi warganya tak terkecuali Amerika Serikat yang mengeluarkan peringatan level 3 bagi warganya yang berencana berkunjung ke Indonesia.

“Semua negara berusaha lindungi warganya tidak terkecuali Indonesia. Kita hindari bersama untuk tidak melakukan perjalanan antarnegara karena berpotensi importansi kasus. Seluruh dunia akan lakukan yang sama,” kata Miku melalui video conference di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (8/9/2020).

Ia pun memastikan bahwa pemerintah juga membatasi mobilitas warganya baik di dalam maupun luar negeri guna mengendalikan kasus Covid-19.

“Kami mohon pengertian WNI agar menjaga daerah masing-masing. Mobilitas penduduknya dibatas hanya melakukan perjalanan yang esensial saja dan mengikuti protokol kesehatan agar menekan kasus baru,” ucap dia.

Wiku mengingatkan, fasilitas kesehatan di Tanah Air maupun di negara lain serba terbatas dalam menangani pasien Covid-19.

“Satu-satunya cara kita melindungi diri sendiri dan masyarakat sekitarnya. Karena itu cara kita dalam melindungi negeri,” tandasnya. (kha/Okezone, Red)


Comment

Related Post