by

Arab Saudi Tunda Umrah Hingga Usai Idul Fitri

-Asia-107 views

Ankara, MimbarBangsa.co.id – Otoritas Arab Saudi menunda ibadah umrah setelah libur Idul Fitri tahun 2021. Menurut pejabat agama Turki, Selasa (9/3), penundaan diumumkan karena percepatan normalisasi pascapandemi yang lebih lamban.

Seperti dilaporkan Antara, Idul Fitri dilaksanakan setelah bulan suci Ramadan, yang tahun ini berakhir pada pertengahan Mei. Direktorat Agama Turki mengeluarkan pernyataan tersebut sebagai respons atas berbagai pertanyaan dari masyarakat mengenai haji dan umrah tahun ini, setelah ibadah keduanya ditiadakan sementara tahun lalu akibat pandemi Covid-19.


Disebutkan pula bahwa perundingan dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk 2021 masih berlangsung dan setiap keputusan yang telah ditetapkan otoritas akan diumumkan kepada masyarakat.

Di tempat terpisah, otoritas Saudi menutup sementara delapan masjid di tiga wilayah Arab Saudi pada Senin (8/3), setelah 10 jemaah dinyatakan positif Covid19.

Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Saudi menyatakan bahwa 236 masjid telah ditutup dalam 29 hari terakhir. Dari jumlah tersebut, 224 dibuka kembali setelah disterilkan dan diambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan publik.

Menurut kementerian, enam dari masjid yang ditutup pada Senin berada di Riyadh, satu di Madinah dan satu di Tabuk. Enam masjid yang sebelumnya ditutup telah dibuka kembali di Makkah, Qassim dan Provinsi Timur setelah sterilisasi dan pemeliharaan pencegahan.

Kementerian meminta jemaah dan pejabat masjid untuk mematuhi semua tindakan pencegahan dan melaporkan setiap pelanggaran atau masalah yang menerapkan protokol kesehatan.

Comment

Related Post