by

ADD / DD TA.2018 Desa Hilisalo’o Di Duga Terindikasi Korupsi


Nias Selatan, Mimbar Bangsa Anggaran Dana Desa dan Dana Desa Hilisaloo TA.  2018 tak kunjung diketahui realisasinya dan laporan pertanggungjawabannya ((LPJ)) oleh masyarakat dan pihak instansi pemerintah.

Hal ini dibenarkan oleh Sekdes Desa Hilisalo’o  “Ahmad Sidi Laia ” bahkan akuinya ( a.sidi Laia )  dirinya merasa dizolimi oleh PJ. Kades tersebut, hingga gajinya tidak dibayar selama 3 bulan, Jumat (22/05/2020)

Tempat yang berbeda, juga dibenarkan oleh ketua  BPD Hilisalo’o ” Muslim ” juga sekretaris BPD Hilisalo’o ” Filemo Laia ” dan masyarakat Desa Hilisaloo kepada wartawan media ini,didesa Hilisalo’o , Kec. Amandraya Kab. Nias Selatan, beberapa hari yang lalu.

Sekdes, Kepada wartawan dijelaskan bahwa Realisasi tahap pertama ( I ) dan ke dua ( II ), tampak salah satu sasaran fisiknya diduga fiktif,untuk realisasi tahap ketiga ( III ) tak kunjung diselesaikan dengan besar anggaran kurang lebih Rp. 299.321.430.

Ironisnya, anggaran dana desa tahun 2018 ini pihak inspektorat kab.Nias Selatan  beberapa kali menyurati PJ.kades ” Fasaziduhu Ndruru dan Bendahara Desa ” Teorius Buulolo’ ” yakni pada tanggal 02/09/2019 hal penjemputan dokumen desa dan faktual lapangan, dan surat Inspektorat tanggal 17/04/2020 hal undangan permintaan LPJ realisasi TA.2018, kepada PJ. Kades dan Bendahara desa.

Masyarakat setempat juga mengklaim kekecewaan mereka masa PJ.kades Fasaziduhu Ndruru yang hanya dibuai cerita dan angan – angan yang muluk – muluk.

Sementara salah satu sasaran fisik bidang pemberdayaan masyarakat untuk pengrehapan gedung  Gereja dengan Rencana Anggaran Biaya ( RAB) Rp. 28.560.000 tak kunjung tersentuh dan terealisasikan.

Salah satu masyarakat yang enggan disebutkan namanya mengatakan ” PJ.kades itu  ” PENIPU ” katanya dia tokoh, ternyata dia memang tukang ” NOKOH ” ungkapnya dengan nada kecewa.

Diketahui bahwa masyarakat desa Hilisalo’o telah melaporkan PJ.kades Fasaziduhu Ndruru ini kepada pihak – pihak terkait untuk diproses sebagaimana mestinya.beber A.Sidi Laia

Sebelum Berita ini ditayangkan PJ.kades ” Fasaziduhu Ndruru ” dicoba konfirmasi oleh wartawan  ini melalui nomor selulernya 08527700××××namun tidak tersambung.( Abdul R.)


Comment