by

6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Aman dan Ampuh, Ketahui Dulu Penyebabnya

MimbarBangsa.co.id – Kulit wajah berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat berminyak yang membantu melindungi dan melembapkan kulit.

Keberadaan sebum sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, terlalu banyak sebum juga dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan timbulnya jerawat.


Mengelola kulit berminyak seringkali lebih sulit dan membutuhkan kesabaran. Anda harus terbiasa dengan ritual perawatan kulit yang rutin agar dapat menjaga kondisi kulit berminyak tetap stabil dan terbebas dari jerawat. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit wajah berminyak yang patut diketahui, dilansir dari medicalnewstoday.com.

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang pertama adalah dengan mencuci wajah secara teratur. Mencuci wajah secara teratur bisa mengurangi jumlah minyak di kulit. Metode mencuci wajah berikut ini direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak:

  • Cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
  • Hindari sabun yang mengandung pewangi, pelembap tambahan, atau bahan kimia keras yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit, membuatnya merespons dengan menciptakan lebih banyak sebum.
  • Hindari loofah dan waslap yang kasar, karena gesekan yang ditambahkan dapat merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak.
  • ika hal-hal di atas tersebut tidak efektif, beberapa produk perawatan jerawat dapat membantu. Produk-produk tersebut mengandung asam yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti:
    • asam salisilat
    • asam glikolat
    • asam beta-hidroksi
    • benzoil peroksida

    Asam ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit. Untuk itu, saat mulai menggunakan produk baru, lakukan test patch terlebih dahulu. Gunakan produk baru tersebut pada area kecil kulit untuk melihat bagaimana reaksi tubuh sebelum menggunakannya secara keseluruhan.

    2. Gunakan Toner

    Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang kedua adalah dengan menggunakan toner. Toner astringen yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun, menurut sebuah studi, zat alami seperti witch hazel dapat memiliki sifat menenangkan kulit.

    Witch hazel memiliki kandungan tanin tinggi yang menjadikannya astringent alami dan anti inflamasi. Banyak orang dengan kulit berminyak menggunakan witch hazel sebagai satu-satunya toner mereka.

    Pada beberapa orang, toner astringent alami dapat membuat pori-pori yang membesar tampak lebih kecil dan menghilangkan sedikit produk atau riasan yang dapat menyumbat pori-pori.

Sumber: Merdeka.com

Comment

Related Post