by

Solidaritas dan Keakraban Terus Membuat Komunitas Kicau Mania Bertahan Lama

Mimbarbangsa.co.id – Berbicara tentang komunitas, tak lengkap bila tidak membahas tentang komunitas burung. Sebuah perkumpulan yang membuat tali silaturahmi tetap terjaga, setidaknya dari dulu hingga saat ini.

Kehadiran media sosial juga menjadi aspek penting, untuk tetap menjaga pamor perburungan Nasional. Dengan adanya media sosial, Kicau Mania bebas berekspresi dengan melakukan berbagai hal untuk berkomunikasi maupun melakukan transaksi jual beli burung.


Tak sulit bagi Kicau Mania dalam menemukan forum-forum perkumpulan ataupun forum jual beli di media sosial. Hal inilah yang membuat perburungan yang ada di Indonesia tetap eksis hingga saat ini. Belum lagi, ditambah dengan banyaknya event-event perlombaan burung yang digagas oleh independent ataupun kelompok.

Seperti itulah gambaran jelas dengan kondisi perburungan di Indonesia saat ini. Mediapun tak mau ketinggalan, dimana saat ini banyak artikel-artikel baik itu personal ataupun grup yang membahas tentang burung. Dengan begini, informasi serta tatanan baru dalam dunia perburungan terus berubah kearah perspektif dan maju.

Coba bayangkan dengan komunitas – komunitas lainnya, seperti komunitas batu misalnya. Komunitas ini hanya timbul dan bergeliat disaat pamor batu akik dan permata sedang booming saat itu. Akan tetapi saat ini, tidak banyak lagi komunitas batu yang bertahan, walaupun dengan adanya media sosial ataupun media cetak yang mengupasnya. Bandingkan dengan komunitas burung, yang hingga saat ini tetap bergeliat dan semakin banyak digandrungi oleh masyarakat.

Semuanya tak lepas dari keakraban dan solidaritas Kicau Mania, baik itu dilapangan ataupun di media sosial. Saling berbagi informasi dan terbuka terhadap saran serta komentar, yang membuat semuanya bersinyalir menjadi sebuah kesatuan yang kuat. Adapun dengan timbulnya regenerasi, dimana kaum pemuda yang masih minim pengalaman bisa membuat suasana lomba terus berkembang.

Ya, walaupun komunitas Kicau Mania terus berkembang melalui media sosial dan media cetak, akan semakin banyak dan berkembang pula kasus penipuan serta penghasutan. Inilah mengapa sebagai Kicau Mania Sejati, kita juga harus memahami beberapa faktor yang tadinya tidak menguntungkan.

Semoga saja dengan adanya pertumbuhan yang signifikan di kerangka perburungan di Indonesia, bisa membuat Komunitas ini tetap bisa berkontribusi kearah positif. Sehingga tak hanya membuat suatu hiburan untuk masyarakat dengan adanya lomba. Akan tetapi juga bisa membuat persatuan dan tali silaturahmi antar masyarakat tetap terjaga.

 

Penulis : Aldo M

Comment