TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Dua Negara Ini Jadi Biang Kerok Harga Minyak Turun 2 Persen Lebih

Ilustrasi pengeboran lepas pantai yang menghasilkan minyak mentah. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Ilustrasi pengeboran lepas pantai yang menghasilkan minyak mentah. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, MimbarBangsa.co.id -
Harga minyak menurun lebih dari 2% pada perdagangan Rabu (26/9/2024). Hal ini karena kekhawatiran terkait gangguan pasokan di Libya mereda. Selain itu kekhawatiran pelemahan permintaan China juga menjadi biang kerok, meskipun negara itu mengumumkan rencana stimulus ekonomi terbaru.

Melansir Reuters, Kamis (26/9/2024), Harga minyak mentah Brent anjlok US$ 1,71 (2,27%) dan ditutup pada US$ 73,46 per barel. Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS jatuh US$ 1,87 (2,61%) dan berakhir di US$ 69,69 per barel.

Meskipun China dan Libya membuat harga minyak turun, tetapi  penurunan cadangan minyak mentah di Amerika Serikat (AS) serta meningkatnya ketegangan di Timur Tengah memberikan sedikit dukungan terhadap harga minyak.

Meskipun sejumlah langkah dukungan moneter yang diumumkan oleh bank sentral China pada Selasa (24/9/2024) merupakan yang paling berani sejak pandemi, para analis memperingatkan bahwa bantuan fiskal yang lebih besar masih diperlukan untuk mendorong aktivitas di negara importir minyak mentah terbesar di dunia itu.

Sementara dari Libya, beberapa kelompok telah menandatangani kesepakatan mengenai proses penunjukan gubernur bank sentral, sebagai langkah awal untuk menyelesaikan perselisihan atas kendali bank sentral dan pendapatan minyak yang telah memangkas produksi dan ekspor minyak Libya.

"Resolusi yang tertunda terkait krisis bank sentral Libya akan memulihkan pasokan minyak yang signifikan, sementara gangguan produksi di Teluk AS dianggap bersifat sementara," kata Clay Seigle, ahli strategi energi.

Badai tropis yang sempat mengancam wilayah Teluk AS telah berubah arah menuju Florida, menjauh dari daerah penghasil minyak dan gas di dekat Texas, Louisiana, dan Mississippi.

 

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.