TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Deklarasi Kampanye Damai: KPU Nias Selatan Siap Wujudkan Pilkada Bersih


Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan menggelar acara deklarasi kampanye damai untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024. Acara ini dilangsungkan di Aula Gedung Balai Persekutuan BKPN, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, pada hari Selasa (24/9) sore.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Nias Selatan, Benimeritus, secara resmi membuka deklarasi kampanye damai setelah proses pencabutan dan penetapan nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada hari Senin (23/9) kemarin. Ia menjelaskan bahwa tahapan selanjutnya adalah masa kampanye yang akan berlangsung mulai tanggal 25 September hingga 23 November 2024, mencakup periode kurang lebih dua bulan ke depan.

Deklarasi kampanye damai ini merupakan momen penting dalam rangka menjaga jalannya Pilkada yang sesuai dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Benimeritus menegaskan komitmen untuk melaksanakan Pilkada tanpa adanya penyebaran informasi palsu (hoaks) maupun ujaran kebencian (sara), sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain itu, Paslon dan tim pemenangannya diberikan waktu untuk mengkampanyekan visi, misi, dan program kerja yang telah mereka susun kepada masyarakat selama periode kampanye ini. "Kampanye adalah waktu bagi kita untuk secara aktif memperkenalkan diri kepada masyarakat, menyampaikan visi, misi, dan program yang akan kita jalankan apabila terpilih," ungkap Benimeritus.

Di sisi lain, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nias Selatan, Neli Pesta Hartati Zebua, turut menyampaikan pentingnya menjaga jalannya kampanye sesuai dengan aturan yang berlaku. Ia menekankan bahwa kampanye bukan hanya sekadar ajang untuk promosi, tetapi juga sebagai wadah untuk masyarakat memilih berdasarkan pemahaman yang jelas terhadap program yang ditawarkan oleh masing-masing Paslon.

"Kami dari Bawaslu Nias Selatan yakin bahwa deklarasi kampanye damai ini akan dapat terwujud dengan baik, karena seluruh pihak terlibat telah berkomitmen untuk mematuhi peraturan yang berlaku," tegas Neli.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu menyampaikan bahwa pihaknya sudah siap untuk mengawasi secara melekat kegiatan Kampanye di setiap tempat nantinya. "Jajaran Bawaslu Kabupaten Nias Selatan sudah siap untuk mengawasi setiap kampanye para Calon Kepala Daerah Kabupaten Nias Selatan," kata Neli kepada media ini. 


Acara deklarasi kampanye damai ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting seperti Wakapolres Nias Selatan, Kompol Arius Zega, S.H., M.H., yang mewakili Kajari Nisel, serta perwakilan dari Danlanal Nias dan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, serta pimpinan Partai Politik yang mengusung masing-masing Paslon. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan terhadap proses demokrasi yang berjalan dengan baik di Kabupaten Nias Selatan.

Dengan demikian, deklarasi kampanye damai ini bukan hanya sebagai formalitas, tetapi juga sebagai komitmen nyata untuk menjaga integritas dan keberlangsungan Pilkada Kabupaten Nias Selatan 2024 yang transparan dan berkeadilan.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.