TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

35 Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan Resmi Dilantik


Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id -
Sebanyak 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias Selatan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 resmi dilantik pada Senin, 30 September 2024. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Zulfadly, bertempat di Gedung DPRD Nias Selatan, Jalan Saonigeho, KM 3, Teluk Dalam.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan, Komandan Kodim 0213 Nias, Komandan Pangkalan TNI AL Nias, Kapolres Nias Selatan, serta sejumlah pejabat lainnya, seperti Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nias Selatan, dan para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Selatan. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap anggota DPRD yang akan menjalankan amanah rakyat untuk periode 2024-2029.

Pelantikan ini juga menetapkan Ketua DPRD yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), yakni Elisati Halawa, S.T. Penetapan tersebut sesuai dengan perolehan suara pada Pileg 2024, di mana PDI-P berhasil meraih kursi terbanyak di DPRD Nias Selatan.

Berikut adalah daftar lengkap 35 anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan periode 2024-2029:
1. Richardo Arnol Yuslino Nache (Gerindra)
2. Elisati Halawa, S.T. (PDI-P)
3. Oktavianus Bu’ulolo (NasDem)
4. Aldika Wau, S.H., M.H. (Golkar)
5. Robert Susanto Sarumaha, S.S. (Demokrat)
6. Legat Harita, S.Pd. (PAN)
7. Bowozaro Bu’ulolo, S.Pd. (NasDem)
8. Duhu Manjai Halawa, S.H., M.H. (PDI-P)
9. Putra Elnatan Dachi (Demokrat)
10. Nurtiza Dakhi (PDI-P)
11. Sokhinaso Biasa, S.H. (PAN)
12. Yunus Ishak Halawa, S.E. (PDI-P)
13. Agustana Ndruru (Golkar)
14. Letiaro Halawa (PKB)
15. Yurisman Laia, S.H. (Gerindra)
16. Sozanolo Ndruru (Golkar)
17. Sokhiwanolo Waruwu (NasDem)
18. Mestina Giawa (PAN)
19. Suarmanto Laia, S.Kom., M.M. (Golkar)
20. Ferisman Ndruru, S.E. (PDI-P)
21. Faudusokhi Giawa (PAN)
22. Kristian Laia, S.Kep., Ns. (Demokrat)
23. Eli Yunus Ndruru (NasDem)
24. Pembangunan Hati Ndruru (PDI-P)
25. Asmenlima Hulu (Hanura)
26. Dorthea Gohae (PDI-P)
27. Demokrasi Maduwu (PDI-P)
28. Tohuzisokhi Bu’ulolo (PKB)
29. Gedonius Maduwu (PDI-P)
30. Wirahati Loi, S.H. (Golkar)
31. Faduhusa Laia (Gerindra)
32. Ferdianto Duha, S.E. (PAN)
33. Lulujatulo Sarumaha (Demokrat)
34. Mawarni Lase (NasDem)
35. Amoni Zega (PDI-P)

Acara pelantikan dimulai dengan prosesi pengambilan sumpah/janji jabatan, yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyematan pin anggota DPRD. Pimpinan sidang sementara diambil alih oleh Elisati Halawa, S.T., selaku Ketua DPRD sementara, didampingi Suarmanto Laia, S.Kom., M.M., sebagai wakil.

Dalam sidang paripurna tersebut, acara dimeriahkan oleh penampilan seni budaya yang diwakili oleh sanggar-sanggar dari berbagai wilayah di Kabupaten Nias Selatan. Kehadiran elemen budaya ini memberikan nuansa khas yang semakin menguatkan semangat kebersamaan dalam memulai masa tugas baru para anggota DPRD.

Dari 35 anggota DPRD yang dilantik, 11 di antaranya merupakan anggota DPRD yang terpilih kembali dari periode sebelumnya (2019-2024). Sementara itu, 24 orang lainnya merupakan anggota baru, meskipun beberapa di antaranya pernah menjabat sebagai anggota DPRD pada periode-periode sebelumnya.

Pengambilan sumpah/janji jabatan juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Bupati Nias Selatan, mantan Ketua DPRD Nias Selatan, mantan Bupati Nias Selatan, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta keluarga besar para anggota DPRD yang dilantik. Kehadiran para tamu undangan ini menjadi saksi atas dimulainya tugas baru bagi anggota dewan dalam menjalankan amanah rakyat Nias Selatan selama lima tahun ke depan.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.