TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Dinas PUPR Nias Selatan Gelar Kegiatan KLHS untuk Revisi RTRW

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id – Sebuah langkah penting telah diambil oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Nias Selatan dengan penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam rangka revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel dan Restauran Hernelys, Jl. Imam Bonjol, Teluk Dalam, Jumat (15/12/2023).

Dalam Laporan Kepala Dinas PUPR Nias Selatan, Gayus Duha, S.Pd. yang disampaikan oleh Kepala Bidang Tata Ruang dan Pembinaan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Nias Selatan, Ir. Rahmat Yatatema Halawa, S.T., M.M., menyampaikan bahwa dalam proses perencanaan revisi RTRW, terdapat langkah-langkah penting yang melibatkan muatan-muatan kebijakan program yang disesuaikan dengan kebijakan yang ada. Hal ini memerlukan program integrasi dengan lingkungan hidup melalui kegiatan KLHS.

KLHS sendiri adalah serangkaian analisis yang menyeluruh, sistematis, dan melibatkan partisipasi untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah atau kebijakan. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang diturunkan dalam Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Kehutanan Nomor 69 Tahun 2017 tetang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) di Kabupaten/Kota.

Rahmat Yatatema Halawa juga menyampaikan bahwa tahapan dalam kegiatan KLHS untuk revisi RTRW ini telah mencapai fase identifikasi dan pembahasan isu melalui serangkaian kegiatan, seperti penjaringan isi Pembangunan Berkelanjutan, penapisan isu strategi Pembangunan Berkelanjutan, dan penapisan isu prioritas Pembangunan Berkelanjutan. Langkah-langkah ini telah dilaksanakan pada Konsultasi Publik I pada tanggal 2 November 2023, yang berlangsung di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nias Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, hadir seluruh anggota pokja KLHS, camat di Kabupaten Nias Selatan, serta perwakilan masyarakat, lembaga, dan media. Kegiatan ini juga dilaporkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan untuk memperkuat transparansi dan partisipasi masyarakat dalam proses revisi RTRW.

Kegiatan ini ditampilkan oleh Sekda Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, M.M, para Kepala OPD, para Sekretaris Dinas/Sekban, para Kabid, para camat, tokoh masyarakat, Konsultan, LSM, dan Pers.

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.