TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Pemkab Nisel Dapat Apresiasi dari Dandim Nias atas Gelar Konsultasi Publik I Tentang RTRW

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Dandim 0213/Nias, Letkol Inf Torang Parulian Malau, memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan atas pelaksanaan Konsultasi Publik terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH, MH, secara resmi membuka acara Konsultasi Publik I terkait perencanaan dan revisi Perda No. 6 Tahun 2014 tentang RTRW Kabupaten Nias Selatan. Acara ini diadakan di Resort Baga Hotel, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, serta secara simultan diadakan melalui platform zoom meeting pada Selasa (28/11/2023).

Konsultasi Publik ini merupakan langkah awal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nias Selatan dalam mengadaptasi RTRW Kabupaten tersebut dengan dinamika dan perkembangan pembangunan terkini. RTRW ini Merujuk pada rencana tata ruang wilayah nasional, pulau atau kepulauan, serta wilayah provinsi.

Dokumen RTRW Kabupaten Nias Selatan tahun 2014-2034 telah menjadi panduan bagi pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan wilayah. Namun, setelah peninjauan pada tahun anggaran 2022, dinas terkait menemukan perlunya revisi pada RTRW tersebut.

Rekomendasi dari Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021, menekankan kebutuhan mendesak untuk merevisi RTRW Kabupaten Nias Selatan.

Bupati, Dr. Hilarius Duha, menegaskan bahwa revisi ini merespons perkembangan paradigma pemikiran, kebijakan, teknologi, serta perubahan sosial dan ekonomi. Dia juga menyoroti tantangan terkait RTRW, khususnya terkait rumah-rumah yang sudah dibangun di sepanjang tepi pantai sebelum tahun 2014 yang tidak mungkin dibongkar secara besar-besaran oleh pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Torang Parulian Malau menyampaikan apresiasi atas inisiatif dari Pemkab Nias Selatan untuk menggelar Konsultasi Publik I ini. “Kita sangat apresiasi, Konsultasi Publik ini sangat penting untuk kemajuan masyarakat Nias Selatan ke depan, oleh karenanya diharapkan agar masyarakat lebih aktif lagi memberikan masukkan agar Nias Selatan ke depan menjadi lebih baik,” katanya kepada Media MimbarBangsa.co.id saat ditemui di resto Resort Baga Hotel pada hari Selasa (28/11) sekitar pukul 13.40 WIN.

Konsultasi Publik I ini melibatkan berbagai pihak seperti Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Torang Parulian Malau, Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, SE, M.Tr.Hanla., MM , CHRMP, perwakilan Kejaksaan Negeri Nias Selatan oleh Kasi Intel Hieronimus Tafonao, SH, MH, Sekda Nias Selatan, Wakil Ketua DPRD Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM, Kepala Dinas PUPR, Gayus Duha, S.Pd., bersama para kepala OPD Nias Selatan, Dinas Sumber Daya Udara, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara, PUPR Gusit, para Camat di Nias Selatan, Konsultan CV. Citra Pramatra, beberapa Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM, dan Pers.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan RTRW oleh konsultan dari CV. Citra Pramatra serta diskusi publik.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.