TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

John Riady: SDM Jadi Tantangan Terbesar dalam Bisnis Keluarga

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Chairman LippoLand dan President Commissioner Siloam Hospitals, John Riady mengatakan sumber daya manusia (SDM) menjadi tantangan terbesar dalam mewariskan sebuah bisnis keluarga. Pengembangan SDM juga menjadi fokus utama John dalam menjalankan bisnis.

“Kalau ditanya tantangan terbesar, SDM atau people. Namun, di saat kita melakukan itu dengan benar, ini menjadi aset yang terbesar. Khususnya karena kita bergerak di industri jasa. Kita ini bukan commodities dan lain sebagainya,” ungkap John saat menghadiri forum Permata Bank di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

“Kalau besok dokter, perawat enggak masuk atau kerja di rumah sakit, itu cuma gedung kosong. Memang SDM dan manusia ini menjadi tantangan terbesar,” imbuhnya.

John mengatakan dirinya menghabiskan banyak waktu untuk merekrut dan mengembangkan SDM. Hal ini juga guna mendorong regenerasi.

“Kita selalu memperhatikan regenerasi. Kalau kita bicara suksesi, fokusnya seakan-akan ada di pemilik. Namun yang juga penting adalah di dalam perusahaan. Kami ada sekitar 15 perusahaan. Masing-masing dari perusahaan tersebut, tingkat leadership-nya ada tujuh orang. Jadi sekitar 100,” jelas John.

“Mereka-mereka yang menjalankan perusahaan secara day to day itu (umurnya, Red) berkisar 40 dan pertengahan 50. Kami sudah siapkan mana yang awal 40 dan akhir 30, dan terus menerus untuk regenerasi,” ucap John.

Di kesempatan yang sama, John juga mengatakan pentingnya memegang mentalitas yang tidak rapuh (infragile). Ini juga menjadi pesan yang ia kerap gaungkan kepada para karyawannya.

“Sesuatu yang fragile adalah sesuatu yang pada saat dihadapi perubahan, ia mudah rusak. Kebalikan dari fragile itu adalah sesuatu yang kalau ada goncangan, dia bukan saja resilient atau stabil, tetapi malah menjadi semakin baik,” jelas John.

“Saat kita menghadapi masalah, jangan takut. Ini kesempatan untuk kita bangkit. Kita harus menjadi infragile. Tidak cukup resilient di dalam dunia saat ini. Ini adalah sesuatu yang dibutuhkan perusahaan dan juga diri kita masing-masing. Ini juga menjadi mindset yang tepat bagi kita sebagai satu negara,” tutupnya.

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.