TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Wamenkeu RI Prof. Suahasil Nazara Kunjungi Desa Wisata Bawomataluo Nias Selatan

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id – Wakil Menteri Keuangan RI  Prof. Suahasil Nazara, S.E,M.Sc,, Ph.D  berserta rombongan kunjungan kerja ke Kabupaten Nias Selatan. Dalam Kunjungan kerja kali ini, Wamenkeu RI mengunjungi Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (10/9/2023) pada sore hari.

Kunjungan kerja Wakil Menteri Keuangan RI  Prof. Suahasil Nazara, S.E,M.Sc,, Ph.D  berserta rombongan kunjungan kerja ke Kabupaten Nias Selatan dalam rangka menghadiri pembukan Kejuaraan Surfing Internasional World Surfing League (WSL) Nias Pro 2023 QS 5000 yang akan diselenggarakan pada hari Senin 11 September 2023 di Pantai Sorake, Nias Selatan.

Sebelum menghadiri pembukuaan Nias Pro 2023, Wamenkeu RI berkunjung ke Desa Bawomataluo di damping Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. bersama Ketua PKK Nias Selatan Meiske Yustina Repi dan disambut secara adat oleh Kepala Desa Bawomataluo, Teruna Wau bersama para tokoh adat yang disertai dengan Tarian Faluaya atau tarian penerimaan tamu.

Setalah Wamenkeu bersama rombongan dipersilahkan duduk di batu spesial tempat duduk para raja terdahulu yang berada di depan rumah adat yang berada di pertengahan desa tersebut, Kepala Desa Bawomataluo menyampaikan kata sambutan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Bawomataluo menyampaikan “Selamat datang kepada Bapak Wamenkeu RI Prof. Suahasil Nazara yang sekaligus putra terbaik dan kebanggaan Ono Niha di Desa Bawomataluo. Kami berharap agar dalam kunjungan bapak ke Desa Bawomataluo bisa memperhatikan keadaan rumah adat yang ada di sini,” katanya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian nama penghargaan melalui musyawarah yang di sampaikan salah seorang tokoh masyarakat Desa Bawomataluo dengan mengumpulkan para Si’ulu dan Si’ila. Dalam pemberian nama tersebut para Si’ulu dan Si’ila sepakat untuk mberikan nama penghargaan kepada Wamenkeu RI Prof. Suahasil Nazara, Amada Tuha Soro Dano Niha yang dapat diartikan Mata Ono Niha (Mata Orang Nias), Teladan Ono Niha, Kebanggan Ono Niha, Ono Niha (Nias atau orang Nias).

Acara dilanjutkan dengan pemasangan baju adat Nias kepada Prof. Suahasil Nazara yang disematkan secara langsung oleh Bupati Nias Selatan dan Ketua PKK Nias Selatan menyematkan baju kebesaran kepada Nyonya Suahasil Nazara. Dilanjutkan dengan tari Faluaya keliling yang diikuti oleh Wamenkeu RI bersama rombongan.

Usai hal itu, Wamenkeu memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Wamenkeu berterima kasih atas penyambutan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan bersama para tokoh adat di Nias Selatan yang telah menerima kunjungannya bersama rombongan dengan sangat baik, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas nama atau gelar yang telah disematkan kepadanya sebagai penghargaan yang tidak taranya.

“Kepulauan Nias bangga dengan Nias Selatan, Indonesia Bangga dengan Nias Selatan. Nias Selatan milik Kepulauan Nias dan milik Indonesia,” kata Prof. Suahasil Nazara.

Acara dilanjutkan dengan penampilan lompat batu dari pemuda – pemuda tangguh di Desa Bawomataluo, diteruskan dengan peninjauan secara langsung ke rumah adat atau Omo Hada Sebua dan kemudian mengecek beberapa bagian rumah adat yang sudah mulai rapuh.

Acara penyambutan Wamenkeu RI ini tampak dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak, Yon Arsal,  Chief Central Transformation Office (CTO), Yan Indrayana JF Utama DJKN, Martinus Agus, Tenaga Pengkaji DJKN, Sulaimansyah, Kakanwil Perbendaharaan Sumut, Kakanwil Bea Cukai Sumut, Kakanwil BC, Parjiya, Kakanwil Perbendaharaan Syaiful, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. didampingi Ny. Yustina Repi beserta Sekda Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, M.M., Kapolres Nias Selatan, AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K., mewakili Danlanal Nias,  Staf Ahli, Kepala OPD dan tokoh Adat.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.