TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Nama-nama Negara Pemenang Kejuaraan Surfing WSL Nias Pro 2023 QS5000

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Kejuaraan Surfing Internasional, World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 yang diadakan di Pantai Sorake, mulai tanggal 11 September 2023  sampai 17 September 2023 telah berakhir dengan sukses.

Kejuaraan Surfing Internasional ini diikuti 198 atlet dari 15 negara termasuk Indonesia. Adapun nama-nama negara yang mengikuti adalah sebagai berikut Australia, Brazil, Indonesia, India, Jepang, Korea, New Zealand, Peru, Philippine, Rusia, Swedia, Thailand, UK, dan USA. Kegiatan ini dibagi dalam empat kategori, yakni Men’s Category QS5000, Women’s Category QS5000, Men’s Junior Pro, dan Women’s Junior Pro.

Philippa Anderson dari Australia
Philippa Anderson dari Australia Juara 1 Women’s Category WSL Nias Pro 2023 saat disambut oleh Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa dan Kepala Dibudparpora Nisel, Anggreani Dakhi, Sorake Beach, Minggu (17/9/2023)

Setelah melalui berbagai tantangan di atas air Teluk Lagundri, WSL melahirkan pemenang-pemenang di atas pemenang lainnya. Berikut nama-nama peselancar yang naik ke panggung kemenangan Nias Pro 2023

Pro Junior Mens WSL Nias Pro 2023:

Juara 1: Monnojo Yahagi dari Jepang, Juara 2: Tenshi Iwami dari Jepang, Juara 3: Winter Vincent dari Australia, Juara 4: Jarvis Earle dari Australia.

Pro Junior Womens WSL Nias Pro 2023:
Juara 1: Cocona Kawase dari Jepang, Juara 2:  Ella McCaffray dari USA, Juara 3: Nanaho  Tsuzuki dari Jepang, Juara 4: Sumomo Sato dari Jepang.

Peselancar Jepang Monnojo Yahagi dan Cocona Kawase Jadi Juara Satu di Nias Pro Junior
Peselancar Jepang Monnojo Yahagi dan Cocona Kawase Jadi Juara Satu di Nias Pro Junior WSL 2023

QS5000 Womens WSL Nias Pro 2023
Juara 1: Philippa Anderson dari Australia, Juara 2: Paige Hareb dari Selandia Baru, Juara 3: Freya Prumm dari Australia, dan Juara 4: Rosie Smart dari Australia

QS5000 Mens WSL Nias Pro 2023
Juara 1: Rio Waida dari Indonesia, Juara 2: Tully Wylie dari Australia, Juara 3:  Jack Thomas dari Australia, dan Juara 4: Oscar Berry dari Australia.

Dalam kejuaraan kali ini tercipta sejarah baru, Rio Waida peselancar profesional Indonesia kelahiran Bali, berhasil mengharumkan nama Indonesia di panggung Nias Pro 2023.

Para Pemenang Nias Pro 2023 bersama para Pejabat Utama

Rio Waida menjadi satu-satunya peselancar Indonesia yang masuk ke Babak Final Kejuaraan World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 setelah 27 orang peselancar terbaik Indonesia lainnya berhenti di babak-babak sebelumnya.

Di babak final kali ini, Rio Waida menantang dan bertransaksi di atas papan selancar dengan sangat sempurna. Aksi pertamanya berhasil mencetak skor terbaik di moment ini 8,77 dan terakhir 9,60. Dari 7 gelombang yang ditantangnya, Rio kumpulkan skor 18,37 hampir sempurna dari target 20.

Sementara saingannya peselancar profesional Tully Wylie dari Australia dari 7 kali gelombang yang diambil, dia hanya mampu menghasilkan nilai terbaik 6,73 dan 7,50. Setelah melalui waktu 30 menit di atas air, ia berhasil mengumpulkan skor 14,23.

Para penonton di Pantai Sorake bersorak bahagia menyerukan nama Rio yang memimpin putaran pertama di babak ini sambil bendera Indonesia dikibarkan di pantai Sorake. Sesampainya di pantai langsung disambut oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, Forkopimda Nias Selatan, Kepala Disbudparpora Nias Selatan, Anggreani Dachi, Panitia WSL, dan PSOI.

Rio Waida saat disambut oleh Wakil Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H.

Rio menyampaikan bahwa dirinya sangat bahagia selain karena menang, dia juga sangat bahagia bisa datang untuk pertama kali menjelajahi ombak di Nias.

Lebih lanjut, Rio menyampaikan bahwa Ombak Nias sangat baik bahkan terbaik di dunia.

“Saya sangat bahagia karena bisa berada di sini. Ini pertama kali saya ke Nias. Ombaknya sangat bagus, terbaik di dunia,” katanya.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.