TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Tim SAR Lanal Nias Bersama Aparat Setempat Berhasil Temukan Warga Tenggelam

Nias Selatan. MIMBAR BANGSA –Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Lanal Nias, Basarnas Nias, BPBD Nias Selatan, Polres dan Polairud Nias Selatan dan Koramil Telukdalam dibantu masyarakat berhasil menemukan korban yang tenggelam di Pantai Blessing Desa Hilitobara Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan pada hari Minggu tanggal 09 Juli 2023.

Dalam kegiatan SAR kali ini Lanal Nias mengerahkan satu unit Sea Reader untuk sarana penyisiran, Tim SAR gabungan juga menurunkan Perahu karet milik Basarnas, Perahu Karet milik BPBD Nias Selatan dan Perahu karet milik Polairud Nias Selatan guna menyisir perairan di sekitar dimana korban tenggelam.

Korban atas nama William Fandi Lature (L) umur 12 tahun, dilaporkan hilang terseret ombak pada saat mandi di Pantai Blessing bersama 2 orang rekannya. Mengetahui temannya terbawa arus ombak, kedua teman korban berteriak meminta pertolongan kepada warga yang berada di sekitar lokasi kejadian. Lalu warga yang berada di sekitar lokasi kejadian turun ke laut guna melakukan pencarian serta menghubungi instansi terkait.

Dalam pencarian hari pertama atau Minggu (9/7) hingga pukul 22.00 WIB korban belum ditemukan, pencarian dihentikan sementara untuk dilanjutkan keesokan harinya.

Pencarian hari kedua atau Senin (10/7) Tim SAR Gabungan melakukan Pencarian korban dengan Radius 5 KM dari tempat korban tenggelam dan belum menemukan hasil.

Pencarian hari ketiga atau Selasa (11/7) Tim SAR Gabungan melakukan pencarian korban dengan radius 10 KM dari tempat korban tenggelam dan belum menemukan hasil.

Pada hari keempat, Rabu (12/7) Tim SAR Gabungan mendapat informasi dari nelayan yang pulang dari melaut, adanya penemuan mayat yang mengapung di laut. Tim SAR Gabungan dan masyarakat langsung bergerak ke lokasi penemuan mayat.
Korban atas nama William Fandi Lature ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa (meninggal dunia) pada posisi koordinat dengan 0″29’8″ LU +97″51’56” BT. Selanjutnya dilaksanakan evakuasi terhadap korban dan diserahkan ke pihak keluarga untuk dibawa pulang ke rumah dan dimakamkan.

Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah mengapresiasi upaya Tim SAR Gabungan khususnya Tim SAR Lanal Nias yang telah melaksanakan kerja ikhlas ini guna membantu masyarakat yang sedang mendapatkan musibah.

Hal ini sejalan dengan arahan Pangkoarmada I Laksda TNI Erwin S. Aldedharma tentang kesiapan operasi untuk melaksanakan bantuan kemanusiaan dan perintah Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali tentang kehadiran TNI Angkatan Laut yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.