TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Percetakan di Ponorogo Terbakar, Pemilik Rugi Puluhan Juta

Ponorogo, MimbarBangsa.co.id – Sebuah toko percetakan yang berada di Jalan Urip Sumoharjo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terbakar pada Jumat (14/7/2023) sekitar pukul 07.00 WIB. Beruntung kebakaran tidak sampai merambat ke atap toko dan hanya terpusat pada satu ruangan tempat mesin cetak.

Meski begitu, pemilik toko percetakan harus mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah karena mesin yang biasa digunakan untuk percetakan baik poster maupun lainnya ludes terbakar. Selain itu sejumlah perabotan pendukung operasional toko juga ikut hangus terbakar.

Untungnya, saat kebakaran terjadi toko percetakan tersebut sudah dalam keadaan buka. Namun petugas tetap mengalami kesulitan dalam menemukan sumber api, selain titik api yang terletak di sudut dan tengah ruangan, kepulan asap yang berada di dalam toko sangat tebal karena minimnya lubang sirkulasi udara.

Petugas juga harus berhati-hati dalam memadamkan api karena masih banyak bahan produksi toko untuk percetakan yang masih bisa digunakan. Hingga pemadaman selesai, penyebab kebakaran masih belum diketahui secara pasti oleh petugas dan pemilik toko juga tidak mengetahui asal muasal api datang dari mana.

“Yang terbakar ruang tengah, tempat untuk produksi, kemungkinan korsleting listrik. Yang terbakar kertas-kertas, monitor, sama mesin percetakan,” kata pengelola toko, Yulius.

BACA JUGA

Sementara itu, Kepala Damkar dan Satpol PP Kabupaten Ponorogo, Joko Waskito, menuturkan jika petugas Damkar sempat mengalami kendala saat pemadaman karena kondisi ruangan yang tertutup. Selain itu asap yang tebal di dalam toko menyulitkan petugas untuk melihat dan bernafas saat masuk ke dalam toko.

“Kami tidak bisa serta merta langsung masuk, kita harus menghilangkan asap yang ada di dalam toko terlebih dahulu, sama teman-teman harus memastikan letak sumber apinya dulu, ternyata di dalam ruangan kaca, harus kita buka terlebih dahulu,” tutur Joko.

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.