TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Penutupan TMMD Ke-116 Tahun 2023, Danlanal Nias Jadi Inspektur Upacara

Nias Barat, MimbarBangsa.co.id — Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun 2023 Wilayah Kodim 0213/Nias yang dilaksanakan di Desa Sitolu Ewali, Kecamatan Moro’o, Kabupaten Nias Barat ditutup secara resmi. Dalam Upacara Penutupan TMMD ke-116 ini, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jerry Henry Manuhutu, M.Tr.Hanla., CRPM, bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus membacakan amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD ke 116 di wilayah Kodam I/BB. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Kecamatan Moroo Kabupaten Nias Barat, Kamis, (08/06/2023).

Upacara penutupan ini, dihadiri Bupati Nias Barat Henokhi Waruwu, Dansatgas TMMD ke-116 Tahun 2023 Letkol Inf. Martky Jaya Perangin Angin beserta tim Satgas TMMD, Para Asisten, mewakili Kapolres Nias, Ka. OPD, Ketua Tim PKK Pemkab Nias Barat beserta jajaran, Ketua Persit KCK Cab XLVI Kodim 0213/Nias beserta jajaran, Jajaran Perwira Staf Kodim 0213/Nias dan Danramil, Kaminvecad I/17 P. Nias, Dansub Den Pom I-5 P. Nias, Camat Moroo, Kades Sitolu Ewali, Tokoh masyarakat dan warga Dusun IX Sisobahili, Para pelajar beserta undangan lainnya.

Dalam amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nias Barat dan seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan TMMD ke-116 dengan aman, lancar sesuai dengan yang direncanakan.

“Adapun sasaran TMMD Ke-116 yang sudah kita selesaikan, baik sasaran fisik dan Sasaran Non Fisik yang telah dibangun, agar senantiasa dijaga dan dipelihara sehingga usia pakai dan manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup lama. Sasaran Non Fisik berupa penyuluhan tentunya sangat berdampak positif bagi masyarakat dan generasi muda agar mampu membangun karakter bangsa yang akan mendorong masyarakat yang kompetitif demi terciptanya kemandirian bangsa,” kata Pangdam I/BB

Lanjutnya, melalui program fisik dan non fisik tersebut, TMMD dapat memberikan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang selaras dengan cita-cita bangsa yaitu mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Akhirnya, dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini Kamis tanggal 8 Juni 2023, Pukul 09.00 wib, TNI Manunggal Membangun Desa ke-116 tahun 2023 secara resmi, saya nyata-kan ditutup. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Tercinta,” kata Pangdam I/BB.

Sementara, dalam laporan Dansatgas TMMD ke 116 di wilayah Kabupeten Nias Barat Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Perangin Angin, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Program TMMD ke 116 baik sasaran fisik dan non fisik telah terlaksana dengan baik, lancar aman dan tertib sesuai dengan perencanaan kegiatan.

“ Adapun kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Sitolu Ewali Kecamatan Moro’o Kabupaten Nias Barat meliputi dua sasaran, yang pertama sasaran fisik pembukaan badan jalan, pembuatan parit, Telford, PSG Duker, PSG Box Culvert, PSG batu mortar, Batu TPT dan sasaran non fisik terdiri dari Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Usaha Mikro, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Tanggap Bencana, Penyuluhan Lingkungan Hidup, Penyuluhan Program KB, Penyuluhan Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM”. Telah terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan,” ucap Dandim 0213/Nias

Terpantau kegiatan ini, diawali dengan pengalungan bunga, penandatanganan laporan hasil kegiatan, pelepasan tanda Peserta Satgas, penandatanganan prasasti, tarian sekapur sirih, pemberian sembako kepada warga dan diakhiri dengan pemberian seperangkat pakaian adat untuk Dandim 0213/Nias dan Ibu dari Warga Sisobahili Sitolu Ewali dan Botolala, Sambutan Bupati Nias Barat serta dilanjutkan pengecekan sasaran fisik kegiatan Program TMMD ke 116 di Dusun IX Sisobahili Desa Sitolu Ewali Kecamatan Moroo Kabupaten Nias Barat.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.