TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

30,7 Milyar Bangun Puskesmas, Noferman Zega Berharap Selesai Tepat Waktu

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id- Pemerintah Kabupaten Nias Utara akan membangun 4 gedung Puskesmas baru pada tahun 2023 ini. Pembangunan gedung Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Lahewa Timur 7,7 Milyar, Puskesmas Sawò 7,7 Milyar, Puskesmas Tuhemberua 7,7 Milyar dan Puskesmas Alasa Talu Muzòi (ATM) 7,6 Milyar, dengan total anggaran sebesar 30,7 Milyar.

Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara melalui Kabid Kesmas Yurman Waruwu, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,M.si mengatakan, pembangunan gedung puskesmas dilakukan karena bangunan yang lama dinilai sudah tidak memadai lagi.

Diharapkan dengan dibangunnya gedung baru, pelayanan masyarakat dapat lebih maksimal dan lebih baik dari sebelumnya. Sedang anggaran pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2023 dengan total keseluruhan sebesar 30,7 Milyar rupiah,” ucapnya.

 

Yurman juga menjelaskan bahwa 3 dari 4 Puskesmas yang akan dibangun itu gedung lama akan di robohkan atau dibongkar dan sudah ada penilaian aset oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Sedangkan Puskesmas Sawo tidak dibongkar karena pembangunan gedung baru pindah lokasi di dekat Kantor Camat Sawo. Dan gedung lama tersebut bisa saja dipergunakan nantinya sebagai posyandu atau rumah dinas pegawai, namun masih belum diputuskan,” pungkasnya.

 

Wakil Ketua DPRD Nias Utara, Noferman Zega, SE., M.Ap., mengatakan bahwa pihaknya mendukung kegiatan pembangunan gedung baru ke- 4 puskesmas tersebut dan berharap bisa selesai tepat waktu nantinya.

“Kita berharap agar pengerjaan fisik pada ke- 4 bangunan gedung baru puskesmas tersebut dapat selesai tepat waktu dan bisa difungsikan sebagai tempat pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,” ujarnya kepada MimbarBangsa.co.id, saat ditemui di kediamannya di Lotu, Sabtu (06/06/2023)

 

(Anuari Zendrato)

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.