TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Selamat! Pemda Nias Selatan Raih Opini WTP Dari BPK RI

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Jelang 20 tahun terbentuk, akhirnya Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mendapat Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. bersama Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa., S.H., M.H. menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan TA 2022 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol No. 22 Kota Medan, Senin (8/5/2023)

Adapun serah terima LKPD Audited Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan dan diterima oleh Bupati Nias Selatan didampingi Wakil Bupati Nias Selatan serta Ketua DPRD Nias Selatan.

“Berdasarkan Undang Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, BPK mendapat amanah untuk memeriksa pengelolaan tanggung jawab dan keuangan negara,” ucap Eydu Panjaitan.

Eydu Panjaitan juga menjelaskan bahwa pemeriksaan laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini, dimana opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan dengan berdasarkan kepada aspek aspek berikut:
1. Kesesuaian penyajian dengan standar akuntasi pemerintahan.
2. Kecukupan pengungkapan
3. Efektifitas sistem pengendalian intern
4. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan responsifnya pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam menindaklanjuti baik permasalah tahun 2022 maupun atas permasalahan keuangan tahun sebelumnya maka BPK mencatat sudah tidak ada lagi permasalahan signifikan yang mempengaruhi kewajaran laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2022. Untuk itu BPK memberikan Opini,” ucap Eydu Panjaitan.

“Sekian purnama berkeluh tangis, hasil yang baik akhirnya datang, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan silahkan tersenyum manis Akhirnya WTP Sudah Di tangan,” ucap Eydu Panjaitan.

Pernyataan WTP oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara tersebut disambut dengan tepuk tangan meriah dan senyuman dari seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang telah berjuang keras untuk memberikan usaha terbaiknya dalam memperbaiki dan menyempurnakan terus menerus tata kelola keuangan di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

“Saya harus mengatakan dan jujur mengatakan bahwa bahasa terakhir yang disampaikan oleh bapak perwakilan BPK menggetarkan hati saya, akhirnya WTP. Ini mimpi yang didambakan di mana malam ini kita mendapat WTP,” ucap Ketua DPRD Nias Selatan.

“Atas nama DPRD Nias Selatan kami sampaikan apresiasi setinggi tingginya bagi bapak Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda serta Kepala OPD dan jajaran staf yang selama ini telah berfikir keras memperbaiki tata kelola di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” ucap Elisati Halawa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nias Selatan juga memberikan sambutan dan menunjukkan rasa terima kasihnya atas Opini WTP tersebut.

“Saya mendengar tadi kami mendapatkan WTP. Saya berdoa bahwa ini bukan semata-mata kemampuan saya tapi saya yakin dan percaya ini semua karena binaan dari Tim BPK dan semua pegawai BPK RI Perwakilan Sumatera Utara yang sudah memberikan nasehat sehingga kami bisa mendapat hasil yang sekarang,” ucap Hilarius Duha.

Hilarius Duha dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih atas tuntunan, masukan dan saran yang selama ini telah disampaikan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Hilarius Duha juga berharap kepada BPK untuk selalu memberikan tuntunan serta saran di masa yang akan datang dan meminta komunikasi baik yang sudah dibangun dapat terus terjaga.

Di tempat berbeda, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, M.M. menyampaikan bahwa, “Opini tersebut diraih berkat doa, dukungan, peran serta seluruh elemen, dan masyarkat Nias Selatan,” ucap Sekda.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan  Ir. Ikhtiar Duha, M.M, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan Elisati Halawa, S.T,    Inspektur Nias Selatan Amsarno Sarumaha, S.H., M.H., Kepala BPKAD Nias Selatan Aferili Harita, SE., M.A., Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Selatan Anarota Ndruru, SP., M.AP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, SST, Kabid Aset  Kabupaten Nias Selatan Agus Yursen Laia, Kabid Anggaran Serius Gulo, Kabid Akuntansi Yaatulo Warae, Kasubbid Pelaporan dan Belanja Erwin Buulolo, dan Staf BPKAD Helpin Hondro. (001/WLS).

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.