TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Modus Operandi Bisnis Aborsi di Duren Sawit, Raup Puluhan Juta Rupiah per Hari

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Polres Metro Jakarta Timur menggerebek tempat aborsi di salah satu rumah mewah di Komplek Billy & Moon, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit. Polisi berhasil mengamankan lima pelaku.

Mereka yang diamankan berinisial S, HH, IS, EP, dan SR. Tiga diantaranya merupakan wanita. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Dhimas Prasetyo mengatakan, pengungkapan ini dilakukan karena adanya laporan masyarakat terkait adanya praktek Aborsi dengan modus operandi melalui online.

“Ini ada informasi dari masyarakat yang kita tindak lanjuti. Pelaku ini modus operandinya memasang iklan secara online di internet, dengan mencantumkan no WA yang bisa dihubungi,” ujarnya (19/05/2023).

Para pasien kemudian menghubungi nomor WhatsApp yang telah dicantumkan dan diarahkan ke rumah sakit. Setelah itu para tersangka menjemput korban tetapi diajak berputar-putar, lalu akhirnya ke tempat praktik.

Dhimas menambahkan, untuk melancarkan aksinya, para pelaku membeli sejumlah alat medis di antaranya vakum yang digunakan untuk aborsi, alat USG, jarum suntik, obat-obatan, hingga cairan kimia HCL untuk melarutkan janin.

“Pasien per hari bisa tiga sampai empat, bahkan pernah berturut-turut hingga 8 orang sehari. Untuk tarifnya bervariasi, tergantung usia kandungan. Kalau 11 minggu ke bawah Rp 4,5 juta, apabila 12 minggu sampai dengan sembilan bulan itu sekitar Rp 9 juta,” ujar Dhimas, Jumat (19/5/2023).

Kelima pelaku disangkakan Pasal 75 ayat 1 dan 2 UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, Pasal 348 KUHP, dan Pasal 346 KUHP dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.