TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Kota Lotu Nias Utara Dulu Langganan Banjir, Sekarang Tidak

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id – Kota Lotu sebagai ibukota Kabupaten Nias Utara yang dulunya selalu menjadi langganan banjir, sekarang sudah lebih baik.

Salah seorang warga yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa dulu kota Lotu ini bila hujan 30 menit saja, air meluap dan banjir datang dan merendam rumah warga, bahkan akibat banjir yang merendam rumah warga bisa menyebabkan berbagai kerugian yang tak sedikit seperti kerusakan pada alat-alat elektronik dan fasilitas rumah lainnya.

“Tapi berjalannya waktu pemerintah yang terus berupaya menganggarkan biaya normalisasi 3 sungai yakni sungai Lotu, sungai Ehau, dan Sungai Humanga. Kota Lotu saat ini sudah tidak pernah banjir lagi. Kalaupun hujan deras berjam-jam airnya cepat surut karena ke-3 sungai tersebut sudah diadakan normalisasi,” ucapnya kepada MimbarBangsa.co.id yang ditemui pada hari Senin (5/1/2023).

Senada dengan itu, salah seorang warga Kecamatan Afulu berinisial MZ, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara di bawah kepemimpinan Bupati Amizaro Waruwu, S.Pd. dan Wakil Bupati Yusman Zega, A.Pi., M.Si. yang telah melakukan normalisasi di beberapa sungai sekitar kota Lotu.

“Iya bang, saya hampir setiap hari bekerja di Lotu, di mana saya sebelumnya merasa tidak nyaman karena dulu jika musim penghujan selalu merasa was-was karena sering kali terjebak banjir di Humanga, sekarang jauh lebih baik setelah adanya normalisasi sungai di beberapa titik di sekitar kota Lotu ini dan tidak pernah terjebak banjir lagi deh.” tuturnya.

Begitu juga hasil penelusuran awak media MimbarBangsa.co.id ke beberapa warga sekitar, mereka mengakui merasa senang dengan kondisi yang sekarang yang tidak lagi menjadi langganan banjir saat musim penghujan datang dan apa lagi sekarang ini kota Lotu semakin ramai dengan adanya lampu penerangan jalan umum di sepajang alun-alun kota, membuat beberapa warga mengambil kesempatan berjualan untuk menambah penghasilan.

(Anuari Zendrato)

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.