TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Konflik Myanmar Dibahas di KTT ASEAN, Jokowi Tegaskan Sanksi Bukan Solusi

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, dialog adalah mekanisme yang selalu diprioritaskan Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023, terutama dalam membahas konflik Myanmar. Jokowi menyebut sanksi bukanlah solusi untuk menghadapi konflik yang tengah terjadi di Myanmar.

Jokowi menegaskan prinsip Indonesia dalam menjalankan perannya sebagai keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapa pun. Prinsip Indonesia dalam menyelesaikan setiap permasalahan di kawasan ASEAN adalah dialog aktif dengan pihak yang terlibat. ia menekankan, Indonesia tidak akan menjadi proxy negara mana pun.

“Yang kita inginkan ASEAN adalah terbuka, kerja sama dengan siapa pun, dengan negara mana pun, sehingga penyelesaian setiap masalah di ASEAN adalah prinsip dialog. Ini sangat penting sekali, utamanya di dalam Myanmar,” jelas Jokowi usai meninjau kesiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu (7/5/2023).

Jokowi memastikan konflik Myanmar akan menjadi salah satu isu utama yang akan dibahas dalam rangkaian pertemuan KTT ASEAN ke-42. Jokowi menyebut pembahasan akan tetap mengacu kepada lima poin konsensus yang sudah disepakati oleh para pemimpin negara anggota ASEAN.

“Tapi kita ingin konflik di Myanmar segera diselesaikan. Yang pertama, kekerasan dihentikan, yang kedua bantuan kemanusiaan harus sampai kepada rakyat di Myanmar, yang ketiga dialog yang penting, juga aktif. Tidak hanya di sini, tapi juga di Myanmar sendiri sudah harus aktif,” jelasnya.

Jokowi memastikan Indonesia akan selalu mengutamakan dialog untuk penyelesaian masalah. Menurut Jokowi, saat ini pemberian sanksi bukanlah solusi yang tepat untuk konflik si Myanmar.

Five point consesus tetap jadi acuan, tetapi harus dengan dialog. Menurut saya sanksi itu bukan sebuah solusi,” tambah Jokowi.

Kedatangan perwakilan Myanmar dalam KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo juga telah dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Berdasarkan keputusan pemimpin negara anggota ASEAN, Retno mengatakan hanya pemimpin non politik dari Myanmar yang diundang dalam KTT ASEAN.

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.