TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Katim Wasev TMMD Brigjen TNI Bangun Nawoko Kunker ke Nias Barat, Disambut Tari Adat Nias

Nias Barat, MimbarBangsa.co.id – Katim Wasev TMMD ke 116 tahun 2023, Brigjen TNI Bangun Nawoko Kunker ke Nias Barat. Kunjungan kerja pertama kali ini langsung disambut dengan penggalungan bunga, tari sekapur sirih, dan menerima rompi pakaian adat Nias Barat di Aula Soguna Bazato Pendopo Bupati Nias Barat, Rabu (17/05/2023).

Adapun kunjungan Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasad Bidang Rencana Operasi (Renops) dan selaku Katim Wasev TMMD ke-116 tahun 2023, Brigadir Jenderal TNI Bangun Nawoko ke Nias Barat merupakan kunjungan kerja (Kunker) sebagai Kepala Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) kegiatan TMMD ke 116 tahun 2023 yang sedang dilaksanakan TNI di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Dalam Sambutan Bupati Nias Barat Khenokhi Waruwu, menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Aekhula Kabupaten Nias Barat bagian barat dari Pulau Nias dan Pulau Sumatera. Serta Khenoki berharap semoga kehadiran Katim TMMD, Pulau Sumatera dan Kepulauan Nias membawa manfaat bagi pelaksanaan kegiatan TMMD ke-116 tahun 2023 dalam pembangunan di Kabupaten Nias Barat.

” TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat. Ini sebagai salah satu bukti nyata TNI mengatasi berbagai permasalahan yang kita hadapi. Ini merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat semakin kuat,” kata Khenokhi Waruwu.

Lanjut Khenokhi Waruwu, bahwa Kegiatan TMMD di Kecamatan Moroo diyakini akan semakin meningkatkan sektor ekonomi khusus bagi masyarakat desa dan ke depannya kegiatan yang positif seperti ini dapat berkesinambungan pada daerah yang betul-betul membutuhkan perhatian pembangunan yang tidak dapat dijangkau oleh pemerintah daerah.

“ TNI Manunggal Membangun Desa telah memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat yang telah memberikan kontribusi pelaksanaan pembangunan di Desa Sitolu Ewali. Kedua, TNI Manunggal Membangun Desa telah membangkitkan semangat gotong royong yang sudah mengakar dengan baik di masyarakat kita di seluruh pelosok nusantara, dan kepada para prajurit TNI dan Satgas TMMD yang telah menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan bersama-sama melaksanakan kegiatan TMMD ke-116 agar selalu dapat bersinergi dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan bersama masyarakat melalui komunikasi dan interaksi yang baik di tengah-tengah kehadiran Program TMMD di Nias Barat,” ucap Khenokhi Waruwu

Sementara Brigjen TNI Bangun Nawoko menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan kedatangannya di Bumi Aekhula Kabupaten Nias Barat. Menurtnya, suatu kehormatan dan kebanggaannya yang sangat luar biasa, disambut dengan budaya yang begitu membanggakan dan mengharumkannya. Apalagi dengan disematkan pakaian adat kebanggaan Masyarakat Nias Barat.

“Terima kasih sekali lagi, ini suatu kebanggaan dan kehormatan bagi saya,” kata Brigjen TNI Bangun Nawoko

Lanjutnya, berbicara TMMD, sebelumnya salah satu filosofi kehidupan militer yang mengatakan demikian “bahwa tidak ada tugas-tugas militer yang bisa dikerjakan seorang diri”.

“Hari ini saya melihat bahwa koordinasi kebersamaan TNI khususnya dengan Pemerintah Daerah Nias Barat dan masyarakat dan unsur-unsur pendukung yang lain Polri, tokoh pemuda, masyarakat, agama telah terjalin untuk tujuan mensejahterakan masyarakat,” ucap pria berpangkat Brigjen itu.

“Atas nama Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Dr. Dudung Abduracman, menyampaikan apresiasi, terima kasih kepada Bupati dan seluruh masyarakat Nias Barat yang telah mendukung program TMMD ini. Program-program pembinaan teritorial melalui kegiatan bakti TNI salah satunya adalah TMMD. Kenapa? karena kita menyadari sepenuhnya dengan undang-undang Sishankamrata bahwa mempertahankan keberlangsungan NKRI kita ini, sangat perlu, bagaimana caranya agar TNI Manunggal bersama Rakyat. Sehingga, kebersamaan ini dapat menimbukan hubungan batin yang kokoh kuat antara TNI dan rakyatnya. Sampai hari ini TNI masih memandang bahwa rakyat itu adalah Ibu kandungnya TNI,” tegas Brigjen TNI Bangun Nawoko.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.