TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

11 Puskesmas di Kabupaten Nias Utara Sudah Berstatus Rawat Inap

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id – Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Kesehatan Kabu­paten Nias Utara, terus melakukan berbagai pembenahan di bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Sebanyak 11 Puskesmas yang ada di Nias Utara yang sebelumnya rawat jalan sekarang sudah berstatus rawat inap.
Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara melalui Kabid Kesmas Yurman Waruwu, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,M.si., saat dikonfirmasi awak media MimbarBangsa.co.id, Selasà (2/05/2023)

Yurman mengatakan bahwa ke- 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Nias Utara telah berstatus rawat inap di antaranya adalah UPTD Puskesmas Lotu, Namòhalu Esowa, Lahewa Timur, Lahewa, Afulu, Sawò, Tuhemberua, Awa’ai, Alasa Talu Muzòi, Alasa dan Puskesmas Tugala Oyo.

Dia menjelaskan bahwa tujuan ditingkatkannya status Puskesmas Rawat Jalan menjadi Rawat Inap untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Masyarakat Tugala Oyo yang jauh dari Pusat Pemerintahan, dapat memperoleh pelayanan rawat inap di UPTD. Puskesmas Tugala Oyo, hal ini memberi kemudahan bagi masyarakat. Penyakit yang tidak dapat ditangani di Puskesmas akan dilakukan rujukan ke Fasyankes yang lebih tinggi.

Beliau juga menambahkan bahwa, “pelayanan kesehatan di Puskesmas terlepas dari statusnya sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, puskesmas memiliki fasilitas yang bisa diandalkan untuk melayani pasien sesuai standar Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Puskesmas juga bisa memberikan perawatan penyakit yang memadai, meski memang tidak selengkap di rumah sakit besar. Dan ke-11 Puskesmas yang ada di Nias sudah memiliki tenaga medis (dokter), sehingga pelayanan akan menjadi lebih baik.” tutupnya. (Anuari Zendrato)

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.