TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Indo Pacific Forum September Mendatang

Jakarta, MimbarBangsa.co.id- Indonesia bakal menjadi tuan rumah ajang ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) yang digelar di Jakarta, September mendatang.

“Sejalan dengan implementasi AOIP, Indonesia akan menjadi tuan rumah atau menyelenggarakan flagship event, yaitu ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF),” ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam press briefing di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

Menlu Retno menjelaskan bahwa selama Keketuaan ini Indonesia ingin melihat penguatan kerjasama konkrit dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Penekanannya pada prinsip inklusivitas dan kerjasama ekonomi, serta kerjasama pembangunan.

“Penekanan implementasi dari AOIP bahwa prinsip kerja samanya adalah inklusif dan juga memprioritaskan pada kerja sama ekonomi dan pembangunan,” jelas Retno.

Adapun persiapan untuk ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) masih terus dilakukan. Selain itu, pendekatan ke negara anggota ASEAN dan mitra eksternal turut dilakukan secara intensif.

“Persiapannya sedang terus dilakukan dan AIPF ini akan diselenggarakan di Jakarta, 5-7 September yang mana akan back to back dengan KTT ke 43 ASEAN,” kata Retno.

“Pendekatan ke negara anggota ASEAN dan mitra eksternal ASEAN untuk me-register proyek-proyek konkret dalam konteks AOIP pada AIPF secara intensif terus dilakukan,” tambahnya.

Sebagai informasi, implementasi AOIP merupakan salah satu dari tiga pilar besar sebagai turunan tema keketuaan Indonesia “ASEAN matters: epicentrum of growth”. Pilar pertama terkait dengan ASEAN matters, di mana kapasitas ASEAN penting untuk diperkuat.

Selain itu, ingin menjadikan ASEAN agar bekerja lebih efektif lagi sehingga mampu menghadapi tantangan di masa depan. Kemudian pilar kedua sehubungan dengan epicentrum of growth dengan beberapa pembahasan prioritas selama tiga bulan terakhir, salah satunya penguatan arsitektur kesehatan.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.