TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Dinilai Tak Beretika, Masyarakat Kecam Sikap Mahasiswa Mahoni

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id – Puluhan Aliansi Mahasiswa Ono Niha (MAHONI)  melakukan aksi  di depan Kantor Bupati Nias Utara. Kegiatan mahasiswa ini menuai pengencaman dari beberapa warga Nias Utara yang ikut menyaksikan unjuk rasa tersebut, Kamis (13/04/2023).

Awalnya sekelompok mahasiswa yang melakukan aksinya dengan tuntutan penuntasan sejumlah persoalan yang menurut mereka menyimpang dari aturan.

Kedatangan kelompok aksi ini disambut lansung oleh Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, S.Pd. yang didampingi oleh beberapa OPD.

Saat Orator selesai berbicara, Bupati Amizaro Waruwu, S.Pd. ingin memberikan penjelasan dan menjawab tudingan para pendemo ini. Namun,  saat Bupati Nias Utara berbicata melalui sound system pendemo, orator pendemo selalu menyela atau memotong penjelasan dari Bupati dan berteriak sehingga penjelasan Bupati tidak digubris dan seolah tidak memberi kesempatan kepada Bupati untuk berbicara.

Akibat dari sikap para pendemo yang dinilai kurang santun dan tidak beretika itu, salah seorang warga Nias Utara yang menyaksikan aksi tersebut dan enggan menyebutkan namanya mengaku kesal atas sikap dari pendemo yang terlihat tidak beretika dan kurang santun dalam menyampaikan tuntutan mereka.

“Dapat dibilang bahwa umumnya aksi demonstrasi dilakukan sebagai jalan akhir dalam penyampaian pendapat. Secara umum, masyarakat pasti memahami mengenai pentingnya penyampaian pendapat secara santun dan damai. Hal ini justru menjadi pembelajaran bagi pemerintah dalam merespon tuntutan masyarakat,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa penanganan aksi demonstrasi dapat dengan pendekatan dialogis, musyawarah interaktif, serta membangun sikap saling mempercayai sangatlah penting. Sebab dari saling mempercayai (mutual trust) itulah akan timbul sikap saling menghargai (mutual respect).

“Jadi bagaimana bisa didengar oleh masyarakat dan pemerintah, bila pendemo sendiri tidak mempersiapkan diri dan tidak memahami pesan aksi dengan baik apalagi mereka ini adalah mahasiswa yang seharusnya lebih intelek,” ucapnya

Dari pantauan awak media MimbarBangsa.co.id, terlihat Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu.S.Pd terus melayani dan berupaya memberi penjelasan serta menerima salinan tuntutan para pendemo dengan ramah. (A. Zendratò)

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.