TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Bupati Nias Barat Hadiri Musrenbang Kecamatan Sirombu

Nias Barat, MimbarBangsa.co.id — Musyawarah rencana pembangunan merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan dengan tujuan penajaman, klarifikasi, penyelerasan, dan kesepakatan seluruh usul rencana kegiatan pembangunan desa yang teridentifikasi dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah Kecamatan Sirombu sehingga tercipta sinergitas dan sikronisasi pembangunan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu pada saat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Sirombu dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 di Gereja BNKP Jemaat Fabaliwa, Selasa (14/02/2023).

Camat Sirombu, Mesrawani Zalukhu dalam eksposnya menyampaikan bahwa sebelumnya 25 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Sirombu telah melaksanakan Musrenbang.

Usulan yang dihasilkan oleh Musrenbang sangat membutuhkan perhatian pemerintah daerah. Diantaranya, di bidang pendidikan, kesehatan, pengelolaan sumber daya air, drainase, pembangunan sarana dan prasarana, pertanian dan perikanan serta pembangunan destinasi wisata, pembangunan ruang publik dan taman ramah anak, peningkatan ruas jalan, bidang sosial dan budaya serta peningkatan home industri.

“Sudah melakukan upaya namun keterbatasan anggaran yg menjadi kendala. Kiranya usulan tersebut dapat di prioritaskan dan menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Daerah dan legislatif demi kepentingan masyarakat umum,” Jelas Camat.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Sirombu Ama Zade Waruwu mengapresiasi terlaksananya proses Musrenbang dari tingkat desa hingga tingkat kecamatan.

“Pembangunan di bidang infranstrukur yang paling di utamakan, karena sering menimbulkan kecelakaan. Juga, penanganan tanah longsor yang ada di wilayah Kecamatan Sirombu,” Ungkap Ama Sade Waruwu.

Mewakili Ketua DPRD Nias Barat, Anggota DPRD Nias Barat Sari Utami Waruwu dari Fraksi Partai Hanura mengharapkan kepada pemerintah agar dapat merealisasikan usulan tersebut walaupun nantinya hanya beberapa item yang diprioritaskan.

Ia juga mengajak masyarakat Kecamatan Sirombu untuk mendukung pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dalam rangka mensukseskan pembangunan Tahun 2023 demi kepentingan masyarakat umum. (AL)

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.