TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Kabupaten Nias Utara Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id — Bertepatan dengan peringatan Hari Bela Negara, Pemerintah Kabupaten Nias Utara menerima penghargaan UHC (Universal Health Coverage), Senin 19 Desember 2022.

UHC diberikan kepada daerah dimana 95% penduduknya telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Saat ini, persentase pendudukan Nias Utara yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sebanyak 99,11%.

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu.S.Pd mengatakan bahwa UHC sangat bermanfaat bagi masyarakat antara lain, masyarakat dapat berobat ke fasilitas kesehatan cukup membawa KTP atau Kartu Keluarga, akan dilayani secara gratis.

“Jika selama ini ada pasien yang belum terdaftar sebagai peserta, harus menunggu 14 hari untuk diaktifkan. Sekarang dengan UHC, maka kepesertaannya dapat diaktifkan dalam 1 x 24 jam dengan melaporkan melalui Dinas Kesehatan Kabu­paten Nias Utara,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, S.Pd. juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berperan aktif sehingga Kabupaten Nias Utara dapat mencapai UHC. Ia mengatakan bila semakin banyak masyarakat yang sudah mencapai perlindungan JKN, maka diharapkan masyarakat menjadi lebih sehat, dapat bekerja dengan optimal, produkfitas tinggi sehingga menambah kesejahteraan dan membantu pembangunan Kabupaten Nias Utara menjadi lebih maju lagi.

Salah seorang masyarkat Nias Utara yang ditemui oleh awak media ini bernama Saritia Zendrato, menyambut baik dan berterimakasih atas kebijakan pemerintah daerah tentang pelayanan kesehatan yang semakin berpihak kepada masyarakat dengan tidak berbelit-belit dan tidak menunggu lama dan diberi kemudahan.

Dengan terwujudnya UHC ini, menjadi bukti nyata keberpihakan Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam meningkatkan derajat Kesehatan di Kabu­paten Nias Utara yang dibuktikan dengan penyediaan anggaran DAU TA. 2022 sebesar Rp 6 Miliar untuk Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). (Anuari Zendrato)

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.