TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

DPRD Nias Barat Setujui PLP2B Menjadi Perda, Evolut Zebua: Bukan Karena Desakan Oknum

Nias Barat, MimbarBangsa.co.id– Setelah melalui proses panjang sesuai tahapan, akhirnya Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B) disetujui menjadi Peraturan Daerah pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias Barat, Selasa (13/12/2022).

Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Nias Barat telah menjadikan Ranperda PLP2B ini sebagai hak inisiatif DPRD, karena Ranperda ini sangat bermanfaat untuk memberikan perlindungan kepada petani. Hal yang harus diantisipasi agar lahan pertanian yang sudah ada tidak dialihfungsikan menjadi daerah pemukiman atau industri.

“Karena ini tanggungjawab dan penting untuk masyarakat dalam rangka melindungi lahan pertanian, maka tugas kita mengambil hak inisiatif ini karena tugas utama DPRD ini adalah legislasi dan supaya prosesnya cepat, karena kalau dari pemerintah prosesnya sedikit agak panjang, tapi karena kita yang mengambil alih maka prosesnya singkat dan cepat,” jelas Ketua DPRD.

Evolut mengharapkan dengan telah disetujuinya Ranperda PLP2B ini sebagai hak inisiatif DPRD menjadi Perda. Maka, Petani mendapat perlindungan dan sebagai salah satu instrumen kepada pemerintah dalam memberikan bantuan kepada petani.

“Kita berharap dengan perlindungan seperti ini, maka hak-hak petani kita, perlindungan petani, perhatian juga pemerintah dalam memberikan insentif kepada petani dapat menjadi perhatian,” ungkapnya.

Mengenai dinamika yang berkembang tentang proses sebelum ditetapkannya Ranperda, yang mana sempat ada penundaan karena tidak memenuhi kuorum, Ketua DPRD menyatakan bahwa hal itu adalah hal yang lumrah dan biasa dalam lembaga politik.

Tanpa didesakkpun. Sebagai wakil rakyat, memberikan perlindungan kepada para petani dan masyarakat. Supaya lebih sejahtera, supaya lebih aman, maka kita tidak perlu didesak, bahkan jauh sebelumnyapun ada orang yang mendesak kita sudah mulai.

“Tidak ada yang mendesak kita disini, karena memang ini tugas kita dan ini proses panjang pembahasannya, artinya bukan secara tiba-tiba dia,” tandas Evolut Zebua. @RL

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.