TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Wajah Ibu Kota Nias Barat di Masa Kepemimpinan Khenoki Waruwu

Nias Barat, MimbarBangsa.co.id– Pembangunan drainase, trotoar dan penerangan jalan pada ruas jalan Soekarno-Hatta yang dimulai dari arah Desa Simaeasi Kecamatan Mandrehe menuju Desa Onolimbu Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat terus dibenahi dan dikerjakan, Selasa (25/10/2022).

Sebelumnya pada acara peletakan batu pertama beberapa bulan yang lalu (9/5), Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa pembangunan drainase, trotoar dan lampu jalan di Ibu Kota Kabupaten Nias Barat merupakan wujud janjinya sebelum dilantik sebagai Bupati untuk menyulap wajah Ibu kota Kabupaten Nias Barat.

Khenoki Waruwu mengharapkan agar masyarakat mendukung kelancaran pembangunan drainase, trotoar dan lampu jalan tersebut, karena pembangunan ini untuk kepentingan masyarakat banyak (Soguna ba Zato).

“Untuk itu, saya harapkan kepada seluruh elemen masyarakat Nias Barat terutama warga Desa yang berada di lokasi pembangunan untuk mendukung kelancaran pembangunan ini sehingga terlaksana dengan baik dan selesai tepat pada waktunya,” Ujarnya.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu juga menekankan kepada rekanan dari CV. Kurnia Utama supaya dalam pengerjaan kegiatan benar-benar memperhatikan mutu pembangunan sesuai perencanaan.

Sesuai informasi yang dihimpun dari Dinas PUTR Kabupaten Nias Barat melalui PPK Bidang Cipta Karya menyampaikan bahwa penanganan yang lebih diutamakan saat ini yakni, pembangunan trotoar pada bahu jalan dengan tinggi 15CM.

“Sebagaimana pada umumnya dalam kegiatan pembangunan tetap ditemui berbagai kendala yakni, terdapatnya bangunan masyarakat pada bahu jalan seperti, teras rumah warga dan tempat usaha”, bebernya.

Diharapkan adanya dukungan dan pemahaman dari masyarakat untuk dapat dilakukan perbaikan pada teras rumah yang mengganggu bahu jalan untuk dapat digunakan pada pembangunan trotoar.

Sedangkan pembangunan drainase belum dapat dimaksimalkan untuk terkoneksi dari awal hingga akhir penanganan trotoar. Penanganan drainase baru dilakukan pada lokasi yang terdapat genangan dan penyumbatan air akibat elevasi lantai parit yang tidak dapat menyalurkan air.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Nias Barat Yusuf Nache, ST., M.M dalam laporannya pada saat peletakan batu pertama menginformasikan bahwa pekerjaan pembangunan drainase, trotoar dan lampu jalan di Ibu Kota Kabupaten Nias Barat direncanakan sepanjang 3 kilometer dan dikerjakan oleh CV. Kurnia Utama dengan pagu dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias Barat TA. 2022 sebesar Rp. 13.418.660.000 Milliar dan pelaksanaan kegiatan diperkirakan selesai dalam kurun waktu selama 7 bulan sampai awal bulan Desember 2022.

Pantauan wartawan Mimbarbangsa.co.id dilapangan, proyek pembangunan drainase, trotoar dan penerangan jalan sudah memasuki progres pengerjaan kurang kebih 50 persen dan dipastikan di Bulan Desember mendatang proyek ini akan rampung. @ARL

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.