TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Polres Nias Selatan Berhasil Amankan 2 dari 3 Terduga Pembunuh Gasali Lahagu ASN Nias Utara

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id —  Polres Nias Selatan di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Reinhard H. Nainggolan, S.H., S.I.K., M.M. berhasil mengamankan 2 orang terduga pelaku pembunuh Gasali Lahagu, S.H., 59 th, ASN Kabupaten Nias Utara.

Sebelumnya dikabarkan bahwa sejak hari Jumat tanggal 14 Oktober 2022 sekira pukul 14.00 WIB, keberadaan Gasali Lahagu alias Ama Tesa tidak diketahui bahkan handphone miliknya juga sudah tidak dapat dihubungi.

Hingga akhirnya pada hari Jum’at (21/10/2022) siang, sosok mayat tanpa identitas ditemukan sekitar 3 meter dari jalan raya Desa Lagundri, Kecamatan Lauhagundre Maniamolo.

Keadaan mayat saat ditemukan.

Dari penuturan tim indentifikasi dari Polres Nias Selatan menyebutkan: Kepala lepas dan sudah bentuk tengkorak, tinggi badan kurang lebih 162 cm, ditemukan cincin warna emas, ikat pinggang hitam, baju polo kaos orange Nevada size S, celana jeans hitam merk Mercedes Benz, singlet warna putih/Made in Jerman, kaos kaki motif garis-garis warna abu-abu, sempak coklat merk Campiro, gigi bagian atas 8 biji, kepala tinggal tengkorak, wajah tidak berbentuk, resapan darah di kaki sebelah kanan, lebam kaki kiri kurang lebih 10 cm, kulit tumit lepas.

Posisi mayat saat ditemukan keadaan tergeletak di tanah dengan posisi badan tidur menyamping, ditemukan tali pinggang warna hitam yang melilit leher korban, dan pada saat mayat diangkat ditemukan barang bukti petunjuk cincin emas berwana hitam terjatuh dari tubuh korban.

Berdasarkan hasil temuan di atas dan atas pengamatan secara langsung dari keluarga, mayat tanpa identitas tersebut keluarga korban mengetahui dan menyatakan bahwa jenazah tersebut merupakan jenajah dari Gasali Lahagu yang telah dinyatakan hilang beberapa waktu lalu.

Setelah beberapa hari kemudian, melalui konferensi pers yang diadakan di lapangan apel Mako Polres Nias Selatan, Teluk Dalam, Jumat (28/10/2022) Kapolres Nias Selatan, AKBP Reinhard H. Nainggolan, S.H., S.I.K., M.M. menyampaikan bahwa pihaknya telah berhasil mengamankan 1 orang dari 3 orang terduga pelaku pembunuhan Gasali Lahagu. Baca juga: Polres Nias Selatan Berhasil Amankan 1 Terduga Pembunuh Gasali Lahagu

Tak lama kemudian Kapolres Nias Selatan melalui Humas menyampaikan bahwa pihaknya telah mengamankan 1 orang lagi terduga pelaku pembunuh Gasali Lahagu, berinisial HZ.

HZ diamankan setelah menyerahkan diri kepada Polres Nias pada hari Minggu (30/10/2022).

Melalui pres rilis yang dibagikan Humas Polres Nias Selatan di Group Whatsapp Humas Polres Nias Selatan, menyampaikan bahwa sebelumnya tersangka HZ berada di rumah kakeknya di Medan, setelah melarikan diri, seusai melakukan pembunuhan terhadap korban Gasali Lahagu, S.H., bersama dua tersangka lainnya yaitu DN dan BL.

Setelah mendengar dan melihat konferensi pers dari Kapolres Nias Selatan yang tayang melalui media sosial HZ kemudian berniat untuk menyerahkan diri. Kemudian dia menelpon orang tuanya di kampung (Gido, Kabupaten Nias) dan menyampaikan niatnya untuk menyerahkan diri ke Polres Nias Selatan.

Kemudian Kakek tersangka HZ menghubungi dan berkordinasi dengan Polres Nias untuk keberangkatan HZ dari Medan ke Gunungsitoli.

Pada hari ini, Minggu, tanggal 30 Oktober 2022, HZ tiba di Bandar Udara Binaka dan langsung dijemput oleh Kapolres Nias dan dibawa menuju Mapolres Nias di Gunungsitoli.

Usai melakukan koordinasi dengan Kapolres Nias Selatan, Kasat Reskrim Polres Nias Selatan bersama penyidik, melakukan penjemputan HZ ke Gunungsitoli untuk kemudian dibawa ke Polres Nias Selatan guna penyidikan lebih lanjut.

Sesampainya di Polres Nias Selatan,  HZ ditemui oleh Kapolres Nias Selatan dan dilakukan interogasi awal bersama DD, yang terlebih dahulu sudah diamankan oleh penyidik Polres Nias Selatan.

Ditemukan adanya ketersesuaian keterangan antara kedua tersangka dengan alat bukti lain dan fakta-fakta, yang berhasil didapatkan oleh penyidik Polres Nias Selatan dalam pengungkapan kasus ini.

Kini kedua terduga HZ dan DD mendekam di RTP Polres Nias Selatan.

 

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.