TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Sambut HUT TNI AL Ke-77, Lanal Nias Laksanakan Bakti Kesehatan

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-77 TNI AL tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022, TNI Angkatan Laut menyelenggarakan bhakti kesehatan secara live di seluruh satker TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia, yang terpusat di KRI Semarang-594. Bhakti Sosial yang dilaksanakan itu berupa donor darah, khitanan massal dan pemeriksaan gigi.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Nias yang merupakan salah satu Satker TNI Angkatan Laut juga melaksanakan bhakti kesehatan dengan mengambil tempat di halaman SD Negeri Dharma Caraka Jalan Baloho Indah Nomor 5 Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, Selasa (6/9/2022).

Sebanyak 5 orang Tenaga Medis dari Balai Pengobatan Lanal Nias dibantu oleh 3 orang dari tenaga kesehatan dari Puskesmas Teluk Dalam dan 8 orang dari PMI Kota Gunungsitoli dikerahkan untuk mendukung kegiatan bhakti kesehatan tersebut. Lettu Laut (K) dr. Izfan Yulfiansyah selaku koordinator lapangan mencatat 30 orang mengikuti donor darah, 18 orang mengikuti Khitanan dan 54 orang yang mengikuti pemeriksaan gigi.

Bhakti kesehatan dilaksanakan secara massal dan serentak di seluruh satuan kerja TNI Angkatan Laut se-Indonesia pada hari ini Selasa tanggal 06 September 2022 dan disaksikan langsung secara Virtual oleh Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI. Yudo Margono.

Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut menyapa seluruh prajuritnya yang menyelenggarakan bhakti kesehatan secara virtual dan menyampaikan pesan agar masing-masing satuan penyelenggara bhakti kesehatan dapat bekerja dengan maksimal dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati serta memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan pasien atau masyarakat.

Dalam sambutannya, Danlanal Nias yang hadir langsung menyaksikan kegiatan khitanan massal di halaman SD Negeri Dharma Caraka Jalan Baloho Indah Nomor 5 Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai rangkaian memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022 dengan mengadakan donor darah, khitanan dan pemeriksaan gigi, semua ini dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Alhamdulillah pada hari ini Lanal Nias dapat menyelenggarakan Bhakti Kesehatan, yang mana sampai dengan saat ini sebanyak 102 orang mengikutinya dengan perincian donor darah 30 orang, khitanan 18 orang dan pemeriksaan gigi 54 orang,” jelas Danlanal Nias.

Kemudian Danlanal juga menyampaikan bahwa selain mengadakan bhakti kesehatan, Lanal Nias juga akan melaksanakan kegiatan program laut bersih, rencana akan dilaksanakan besok hari Rabu 07 September, kemudian dilanjutkan dengan penanaman tanaman sebagai program ketahanan pangan. Kemudian acara puncak HUT TNI Angkatan Laut akan diselenggarakan pada hari Senin tanggal 12 September 2022.

“Untuk diketahui bersama, bahwa acara yang diselenggarakan lebih kurang selama sepekan ini, dilaksanakan di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut se-Indonesia adalah dalam rangka pemecahan rekor MURI (Musium Rekor Indonesia) untuk kategori khitanan massal terbanyak dan pengobatan gigi terbanyak, hal ini tentunya sesuai dengan perintah dan arahan pimpinan, dalam hal ini Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono,” tegas Danlanal Nias.

“Kami sebagai Instansi TNI Angkatan Laut di Kabupaten Nias Selatan akan selalu siap melaksanakan perintah Pimpinan, apalagi hal ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat atau kegiatan kemanusiaan dan sosial, kami harus bisa dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, serta akan berupaya mendukung semaksimal mungkin kegiatan tersebut dengan fasilitas kesehatan yang kami miliki”, Ujar Letkol Jerry Henry Manuhutu yang menjabat sebagai Komandan Lanal Nias.

Turut hadir dalam acara Bhakti Kesehatan tersebut Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Selatan dr. Heni Duha, Kadis Pendidikan Nurhayati Telaumbanua, S.Pd., MM, Dandenpom Lanal Nias Mayor Laut (PM) Arisman, Kabag Sumda Polres Nisel Kompol Desrahman Jaya Hia, Pjs. Danramil Telukdalam Peltu Inf Sahat Hutabarat, Kasi Pidum Kejari Nisel Juni Kristian Telaumbanua, S.H., M.H, Ketua Cabang 5 Korcab II DJA I Lanal Nias Ny. Pinkan Manuhutu beserta ibu-ibu Jalasenastri, Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Nias.

Adapun rangkaian kegiatannya adalah Pembukaan oleh MC, Persiapan pelaksanaan vidcon, kegiatan video conference dengan Mabesal Jakarta, peninjauan kegiatan donor darah, khitanan massal dan pemeriksaan gigi, foto bersama dan ramah tamah.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.