TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Wakil Bupati Nias Selatan Buka Secara Resmi Luahawara Festival 2022

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Wakil Bupati (Wabup) Nias Selatan, Firman Giawa, S.H., M.H. membuka secara resmi pelaksanaan Luahawara Festival 2022 yang ditandai dengan pemukulan gong di Lapangan Kantor Kecamatan Teluk Dalam, di daerah Baloho, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (30/7/2022).

Sebelum acara pembaukaan,  Luahawara Festival 2022 dimeriahkan dengan peserta karnaval yang diisi dengan merch band dari SMP Negeri 1 Teluk Dalam, SMP Swasta Bintang Laut Teluk Dalam, Pencak Silat, dan utusan masyarakat dari 15 desa dan satu kelurahan. Dari pantauan Media MimbarBangsa.co.id, peserta karnaval ini kurang lebih 700 orang yang berangkat dari Lapangan Orurusa kemudian berjalan kaki menuju Kantor Camat Teluk Dalam melalui Jalan Baru Baloho.

Sepanjang perjalanan, para peserta karnaval menghibur para penonton yang ada di pasar Teluk Dalam dengan berbagai atraksi yang dipersembahkan oleh merch band dari SMP Negeri 1 Teluk Dalam dan SMP Swasta Bintang Laut Teluk Dalam.

Dalam kata pembukaan yang disampaikan oleh Camat Teluk Dalam, Hans Matin Wau, S.E. Luahawara Festival 2022 merupakan perwujudan dari aspirasi masyarakat Kecamatan Teluk Dalam yang disampaikan melalui para Kepala Desa beberapa bulan yang lalu.

Tujuan dari pelaksanaan dari Luahawara Festival 2022  ini adalah untuk membangun dan meningkatkan soliditas antar desa yang ada di wilayah Kecamatan Teluk Dalam.

Dalam kesempatan itu, Wabup Nias Selatan mengharapkan kepada pemerintah tingkat Kecamatan Teluk Dalam dan Desa agar pelaksanaan Luahawara Festival 2022 dari tanggal 30 Juli sampai 17 Agustus 2022 ditetapkan sebagai kegiatan tahunan, sehingga dapat dilaksanakan kembali pada tahun 2023.

“Atas nama Pemerintah Nias Selatan saya mengucapkan Selamat dan Sukses atas pelaksanaan Luahawara Festival 2022. Dan saya mengharapkan kepada pemerintah tingkat Kecamatan Teluk Dalam dan Desa agar pelaksanaan Luahawara Festival 2022 dari tanggal 30 Juli sampai 17 Agustus 2022 ditetapkan sebagai kegiatan tahunan, sehingga dapat dilaksanakan kembali pada tahun 2023,” ucap Firman Giawa.

Lanjut Firman Giawa menegaskan dengan adanya kegiatan ini di setiap kecamatan, perekonomian masyarakat bangkit kembali usai massa krisis Covid-19.

Dalam kata penutupan Sekretaris Kecamatan, Walaupun Sarumaha, S.Pd., M.A., M.I.P. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, para Donatur, para Kepala Desa/Kelurahan, dan masyarakat Nias Selatan yang telah bekerja sama untuk menyukseskan pelaksanaan Pembukaan Luahawara Festival 2022.

Walaupun Sarumaha juga menyampaikan bahwa Luahawara Festival 2022 yang diisi dengan Tari Kreasi, Pencak Silat,  Volleyball, Futsal, Catur, Tarik Tambang, Balap Karung, Joget Balon, dan Luahawara Idol akan berlangsung dari tanggal 30 Juli 2022 hingga 15 Agustus 2022. Kegiatan berlangsung dari pagi hari, sore hari hingga malam hari yang akan diisi dengan penampilan dari para peserta Luahawara Idol dan dimeriahkan oleh artis-arti ibu kota.

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.