TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Ringankan Beban Orang Tua, Pemda Nisut Subsidi Uang Kuliah di PSDKU-USU Nias Utara

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id —Pemerintah Kabupaten Nias Utara berikan bantuan subsidi uang kuliah bagi Mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan PSDKU-USU di Kabupaten Nias Utara.

Saat pembagian kendaraan operasional desa pada hari Senin yang lalu, Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, S.Pd. mengatakan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Nias Utara menjadi perhatian khusus pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Amizaro Waruwu, S.Pd. dan Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.M.Si. Untuk itu bagi putra/i Nias Utara yang ingin melanjutkan studinya di PSDKU-USU Nias Utara akan kita beri subsidi sebesar 75% baik SPP maupun DKA.

“Bagi Putra/i kita yang melanjutkan studinya ke PSDKU-USU Nias Utara akan kita beri subsidi 75% untuk membantu meringankan beban orang tua.” terang Amizaro

Bahkan Bupati Amizaro juga menghimbau kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Nias Utara dapat menganggarkan bea siswa di APBDes bagi putra/i di desanya masing-masing, agar anak-anak kita dapat melanjutkan studinya ke jenjang S1, dan memiliki sumber daya manusia yang handal kedepannya.” Ucapnya

Senada dengan Bupati Nias Utara, Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia yang juga sebagai Koordinator PSDKU-USU Kabupaten Nias Utara, Yulius Zai ST., M.Eng mengatakan bahwa subdisi biaya kuliah di PSDKU-USU Nias Utara, mulai tahun 2022 ini  mengalami kenaikan 75% persen,  dibanding tahun 2021 yang hanya 50%.

Yulius menjelaskan, dari Rp 7.400.000 Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) hanya dibayarkan Rp.1.850.000 saja oleh setiap mahasiswa atau 25% persemester, begitu juga Dana Kelengkapan Akademik (DKA) sebesar Rp 7.000.000 hanya Rp.1.750.000 (25 Persen) yang hanya dibayarkan sekali di oleh setiap Mahasiswa PSDKU USU.

“Kenaikan Subsidi uang kuliah bagi mahasiswa PSDKU USU merupakan kesepakatan Pemerintah daerah dengan lembaga DPRD yang telah disetujui pada tanggal 13 Juli 2022, untuk mahasiswa asal Nias Utara dengan tujuan untuk memberi keringanan bagi orangtua  mahasiswa,”ujarnya

Bagi lulusan SMA/sederajat Jurusan IPA dan Lulusan SMK Jurusan Pertanian, perikanan dan Peternakan sangat diberikan peluang untuk mendaftarkan diri di PSDKU USU bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten Nias Utara setiap jam kerja. Sesuai jadwal yang telah di umumkan oleh Pihak USU bahwa penerimaan Mahasiswa baru di PSDKU USU mulai tanggal 8 sampai 24 Juli 2022,  dan ujian seleksi 29 Juli 2022, dengan program Studi : S1 Agroteknologi, S1 Managemen Sumber Daya Perairan dan  S1 Peternakan.

Yulius juga menjelaskan bahwa tempat perkuliahan bagi mahasiswa PSDKU USU akan dipergunakan gedung Eks Aknira dan akan di pergunakan Gedung SMA Negeri 1 Lotu sebelum adanya lanjutan pembangunan gedung di lahan yang telah di hibahkan oleh masyarakat kepada Pemerintah daerah yang berlokasi di desa Lawira Satua, dan perkuliahan akan dilakukan secara tatap muka.

Yulius Zai menghimbau agar para Generasi muda di Kepulauan Nias Umumnya dan Nias Utara khususnya,  dapat mendaftarkan diri menjadi mahasiswa PSDKU-USU dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau. (Anuari Zendrato)

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.