TUGiTpO0GfM7GSzpGpzpGpYpTY==

Slider

Maniamolo Fest Tingkatkan Pelestarian Budaya Leluhur

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Nias Selatan yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Utara memiliki sejuta budaya yang sangat indah dan menakjubkan.

Selain menggelar Nias Pro 2022 yang bertaraf internasional, Kecamatan Maniamolo yang juga menggelar satu acara besar yang bertajuk Maniamolo Fest

Desa Wisata Hilisimaetanö merupakan salah satu pemenang yang termasuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia terbaik dan masuk dalam jajaran 50 besar Desa Wisata terbaik di Indonesia.

Maniamolo Fest merupakan event besar yang menghadirkan panggung hiburan sampai pagelaran ritual adat dan budaya khas Nias Selatan.

Acara ini sudah dimulai sejak 19 Juni lalu dan akan berlangsung hingga puncak acara yang akan jatuh tepat pada 26 Juni 2022.
Maniamolo Fest ini tengah menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya dalam Maniamolo Fest ini menampilkan serangkaian acara menarik yang dapat ditemukan yang tidak mudah ditampilkan kembali.


Selain menampilkan berbagai acara hiburan, Maniamolo Fest ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik berupa Festival Fahombo (lompat batu), Pagelaran Hoho Fetataro, Festival Permainan Anak, Pagelaran Ritual Fanibo Lawolo Fatao, dan acara menarik lainnya.

Acara besar kali ini, berlangsung dengan mengusung tema “Lestarikan, Cintai dan Jelajahi Budaya Kita”.
Acara ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian serta menarik kunjungan wisatawan di Kepulauan Nias terutama di Desa Wisata Maniamolo.

Kristiaman Dakhi, S.Kom. yang bertindak sebagai Ketua Panitia Maniamolo Fest mengutarakan tujuan pelaksanaan acara tersebut adalah untuk melestarikan budaya leluhur, memperkenalkan kebudayaan kepada wisatawan, membangun industri pariwisata yang berbasis desa adat, dan budaya serta menggiatkan ekonomi kreatif melalui kearifan lokal.

“Untuk melestarikan budaya leluhur, untuk memperkenalkan budaya kita kepada khalayak wisatawan, untuk membangun industri pariwisata yang berbasis desa adat dan budaya serta menggiatkan ekonomi kreatif melalui kearifan lokal,” ucap Kristiaman.

Selain itu, Kristiaman menyampaikan bahwa akan ada sejumlah sanggar dan sekitar 30 desa yang siap tampil dalam kegiatan Maniamolo Fast mulai dari Hilinawalo Fau, Hiliamaeta Niha, Amandaya hingga seluruh desa di Kecamatan Maniamölö.

Dari informasi yang didapatkan MimbarBangsa.co.id di lapangan, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Uno juga akan turut hadir menyaksikan Maniamolo Fest pada hari ini (22/6/2022).

“Nantinya Menparekraf akan hadir dan menyerahkan secara langsung Piagam beserta Plakat Desa Wisata Indonesia kepada pemerintah desa melalui Kepala Desa Hilisimaetano Formil Dakhi,” ungkap Ketua Panitia Maniamolo Fest, Kristiaman Dakhi kepada MimbarBangsa.co.id.

Ketua Panitia Maniamolo Fest juga berharap agar pemerintah pusat, provinsi dan daerah terus mendukung untuk kesinambungan Maniamolo Fest.

Hingga berita ini ditayangkan Menparekraf belum mendarat di Nias Selatan.

 

 

© Copyright - MIMBAR BANGSA
Added Successfully

Type above and press Enter to search.