Pemerintah Kabupaten Nias Barat Jalin Kerjasama Dengan BRSDM KKP

Nias Barat, MimbarBangsa.co.id– Pemerintah dan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan () melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) tentang Sinergi Perencanaan dan Pembangunan serta Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Nias Barat.

 

Paskah-Sekda-Nias-Selatan-Ikhtiar-Duha

Tonton juga: Sosok Mayat Ditemukan Di Sawahlunto, Diduga Kuat Jasad Iwan S.Telaumbanua

 


Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh Barat, Khenoki Waruwu dan Kepala BRSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan Nyoman Radiarta, diwakili oleh Sekretaris BRSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Rabu (24/5/2023) di Gedung Mina Bahari III Lt. 7 Jl. Merdeka Timur No. 16 Jakarta.

 

Setelah penandatanganan Nota Kesepakatan antara Nias Barat dan Kepala BRSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, dilanjutkan dengan penandatanganan kerangka acuan kerja antara Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat dengan Direktur Politeknik Perikanan dan Kelautan Sorong.

 

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik serta menyampaikan apresiasi kepada Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan atas kesediaannya melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Pemkab Nias Barat sebagai langkah tepat dan strategis dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan pengembangan di bidang kelautan dan perikanan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Nias Barat.

 

Lebih lanjut, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa pengelolaan sumber daya alam di bidang perikanan dan kelautan di Kabupaten Nias Barat masih belum maksimal, karena kurangnya sumber daya nelayan dan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di bidang perikanan serta tidak tersedianya sarana prasarana pendukung. Oleh karena itu, penandatanganan Nota Kesepakatan ini dapat menjadi solusi dari kendala yang di hadapi Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat dalam pengelolaan sumber daya alam di bidang kelautan dan perikanan.

 

Untuk diketahui bahwa, penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan BRSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, merupakan tindak lanjut kunjungan Bupati Nias Barat di Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tanggal 22 Februari 2023 yang lalu.

 

Pada saat itu, sebagai wujud kepedulian dan keberpihakan Pemerintah Kabupaten Nias Barat kepada masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada bidang perikanan dan kelautan, Bupati Nias Barat mengajukan permohonan beasiswa bagi nelayan atau pelaku utama kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Barat, untuk melanjutkan studi di Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta dan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong.

Turut hadir mendampingi Bupati Nias Barat pada penandatanganan Nota Kesepakatan dengan BRSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, antara lain Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Kabag Setda Kabupaten Nias Barat dan Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat. (ARL)

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply