Sedih, Hari Ini 5 PDP Meninggal Dunia Di Medan

, Mimbar Bangsa – 5 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait atau -19 meninggal dunia di Medan pada Sabtu (4/4).

Juru Bicara Provinsi yang juga Sekretaris Dinas Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, kelimanya sudah dikebumikan. “Benar, hari ini ada lima orang PDP yang meninggal,” ujarnya.

Paskah-Sekda-Nias-Selatan-Ikhtiar-Duha

Tonton juga: Sosok Mayat Ditemukan Di Sawahlunto, Diduga Kuat Jasad Iwan S.Telaumbanua

 


Aris menjelaskan, kelima PDP itu, diantaranya rujukan asal RSUD Padangsidimpuan di RSUP Haji Adam Malik, kemudian di RSUD dr Pirngadi, RSU Mitra Medika, dan ada juga yang meninggal di kediamannya. Namun, kata Aris, kelima PDP itu belum dipastikan apakah positif terpapar Covid-19 atau tidak.

Menurutnya, kelima PDP yang meninggal selanjutnya dikebumikan di TPU Simalingkar sebagai lokasi khusus Covid-19. Mengenai sample kelima jenazah apakah sudah dikirim ke laboratorium , Aris mengatakan sebagiannya telah dikirim. (m27)

 

Sumber: waspada .id

Berikut ini adalah beberapa istilah Covid-19 yang perlu dipahami :

ODP (Orang Dalam Pemantauan)
Status ODP atau Orang Dalam Pemantauan diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat dari luar atau dalam negeri yang areanya terkonfirmasi ada kasus virus corona.
Orang masuk dalam kriteria ODP jika mengalami gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi virus corona Covid-19.
Seperti contohnya dalam hal ini biasanya, orang yang masuk dalam kelompok atau kategori ODP belum menunjukkan gejala sakit akibat virus corona. Namun, jangan sepele juga perihal ini, karena faktanya untuk kasus terbaru dari virus corona Covid-19 sendiri terkadang bisa saja pasien yang terinfeksi tidak mengalami gejala dasar yang diungkapkan sebelumnya.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan)
Status PDP atau Pasien Dalam Pengawasan juga bisa dikatakan memiliki indikasi atau diketahui pernah melakukan kontak secara langsung dengan pasien yang positif Virus Corona Covid-19.
Status PDP diberikan kepada mereka yang memiliki gejala virus corona, Covid-19, yang kita ketahui secara umum seperti panas badan dan gangguan saluran pernapasan.
Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus corona Covid-19.
Sehingga, untuk hal ini disarankan orang tersebut dengan status PDP untuk menjaga jarak dengan kebanyakan orang terdekatnya untuk mencegah penularan yang lebih banyak.

Suspect Corona
Status Suspect Corona diberikan kepada pasien yang diduga kuat terinfeksi dengan virus corona Covid-19. Ciri-ciri orang yang masuk pada kategori ini adalah yang sedang mengalami gejala-gejala dan juga pernah melakukan kontak dengan pasien yang dinyatakan positif terkena vVirus corona Covid-19.

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply