Prabowo Subianto Minta TNI Siapkan Pesawat Angkut Alkes Corona dari Tiongkok

Jakarta, Mimbar Bangsa – Menteri Prabowo Subianto telah meminta kepada Marsekal Hadi Tjahjanto menyediakan pesawat TNI untuk mengambil alat di Shanghai, China. Alat-alat kesehatan tersebut akan digunakan di Indonesia guna menanggulangi corona (-19).

Permintaan Prabowo tersebut tertuang dalam Surat Menteri Pertahanan bernomor B/667///2020 yang ditujukan langsung kepada Panglima TNI.

“Pesawat yang diminta oleh Pak Prabowo rencananya akan berangkat dalam 1-2 hari mendatang,” ujar Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Dahnil menerangkan, penggunaan pesawat TNI telah dipertimbangkan mantan Danjen Kopassus itu untuk mempermudah proses birokrasi antara pemerintah China dan Indonesia. Dengan demikian, pesawat TNI yang diprioritaskan.

“Agar mempermudah proses G to G dan cepat dibandingkan menggunakan fasilitas lain,” kata Dahnil.

Dalam suratnya, Prabowo meminta Panglima TNI dapat memberikan dukungan pesawat terbang dalam rangka pengambilan alat kesehatan yang berada di Shanghai, Republik Rakyat .

Selain itu, dijelaskan beberapa alat kesehatan yang ingin diambil di Tiongkok. Di antaranya, disposable Mask, N95 mask, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer dan surgical caps.

Alat-alat tersebut akan digunakan oleh Tim Medis dan TNI guna pencegahan dan penanggulangan penyebaran .

Leave a Reply