Bank Dunia Sebut 115 Juta Penduduk RI Keluar dari Garis Kemiskinan, Jokowi Gembira

Jakarta, Mimbar Bangsa – Joko Widodo gembira atas laporan “Aspiring – Expanding the Middle Class” yang menyatakan bahwa 45 persen penduduk Indonesia atau 115 juta orang telah berhasil keluar dari garis .

“Presiden berterimakasih dan menyambut gembira,” kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman kepada wartawan, Kamis (30/1/2020).

Meski demikian, Bank Dunia dalam laporan itu juga menyebut bahwa 115 juta penduduk tersebut rentan kembali masuk ke kategori miskin.

Sebab, meski berhasil keluar dari garis kemiskinan, namun kelompok tersebut belum berhasil masuk ke dalam kelompok kelas menengah.

Fadjroel menyebut Presiden Jokowi akan memperhatikan dengan seksama rekomendasi Bank Dunia agar pemerintah mengadopsi kebijakan tepat dan efektif kepada mereka yang baru keluar dari garis kemiskinan.

“Kebijakan pemerintah Jokowi seperti Cipta Lapangan Kerja, Perpajakan, bahkan Ibukota Negara baru di Timur diharapkan mampu mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi,” kata Fadjroel.

Menurut Fadjroel, RUU sapu jagat Cipta Lapangan Kerja diharapkan mampu mendorong transformasi dan pengembangan SDM.

RUU yang akan segera disetor ke itu juga diharapkan mampu mendukung perubahan struktur ekonomi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 5,7- 6 persen.

“Terimakasih, (laporan ) ini hadiah 100 hari pemerintahan Jokowi – Maruf Amin, semua hasil pekerjaan pemerintah ini untuk seluruh rakyat Indonesia dalam mencapai Indonesia Maju,” kata Fadjroel. [kompas.com]

Simak berita dan artikel lainnya di  Google News


Leave a Reply